BANGKA SELATANNEWS

Percasi Basel Mulai Membidik Pecatur untuk Porprov 2023

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Kabupaten Bangka Selatan menggelar kejuaraan Catur Cepat 25 menit (G25) tanpa increment yang digelar pada 2-5 September 2021 guna mencari atlet untuk seleksi atlet Porprov 2023 mendatang.

Dalam kejuaraan yang dilaksanakan di Sekretariat Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Basel, atlet Percasi Bangka Selatan, Adryan berhasil meriah juara I. Dengan mengumpulkan mach point 8,5, Adryan berhasil mengalahkan lawannya Zulkarnain yang merupakan atlet catur peraih medali emas di Kejuaraan Korpri Basel tahun 2018.

Atas kemenangan itu, Adryan berhak mendapatkan tropi dan bonus Rp 3 juta. Sementara diposisi 2 diraih Sutarman dengan mach point 7 pool point 38,5, disusul diposisi 3 Syahrial mach poin 7, pool point 37,5. Keduanya berhak menerima tropi dan bonus masing-masing Rp 2 juta dan Rp 1 juta.

Kejuaraan yang berlangsung selama empat hari itu ditutup langsung oleh Ketua DPRD Basel, Erwin Asmadi, Minggu 5 September 2021 malam. Dalam kesempatan itu, Erwin mengatakan, melalui turnamen tersebut akan lahir atlet-atlet catur yang mampu mengharumkan nama Basel hingga ke level nasional.

“DPRD Basel sangat mendukung kegiatan ini. Menjelang Porprov 2023 nanti, kita harapkan KONI Basel sudah mempersiapkan tahapan pembinaan atlet jauh hari, sehingga dengan persiapan optimal, kontingen Basel bisa mengharumkan nama Junjung Besaoh dengan raihan medali emas terbanyak,” kata Erwin.

Kedepan, kata Erwin jikalau keuangan APBD sudah membaik maka usulan KONI Basel akan menjadi perhatian DPRD Basel sebagai support pendanaan.

Ketua KONI Basel, Akbar Alfadjeri mengapresiasi kejuaraan catur cepat 25 menit yang digelar Percasi Basel. Dirinya berharap Percasi Basel dapat terus mempertahankan predikat juara umum I dalam ajang Porprov 2023 mendatang.

“Kami mengapresiasi kejuaraan Percasi Basel. Persiapan menjelang Porprov 2023 sudah mulai dilaksanakan. Kita berharap predikat juara umum di Porprov 2018 lalu tetap dipertahankan Percasi Basel,” kata Akbar.

Sementara itu, Ketua Percasi Basel Dadang Zairina mengatakan, kejuaraan catur cepat 25 menit (G25) ini merupakan ajang pencarian atlet menjelang seleksi atlet Porprov 2023 mendatang.

“Kejuaraan ini merupakan rangkaian persiapan agenda besar Porpov VI nanti. Dan 10 besar para pemenang kejuaraan ini akan diseleksi untuk ajang Porprov. Dan pada kejuaraan berikutnya November mendatang, Percasi akan kembali melakukan seleksi atlet,” kata Dadang.

Ia berharap, atlet-atlet yang sudah terseleksi, siap menjadi atlet kontingen Percasi Basel yang dapat mempertahankan predikat juara umum di ajang Poprov III lalu, dengan meraih 18 emas.

Berikut para pemenang Juara IV sampai dengan X adalah Juara IV Suhendra Mach Point (MP) 7, pool point (PP) 31, Juara V Zulkarnain Mach Point (MP) 6,5, Juara VI Yusi Firman Mach Point (MP) 6, pool point (PP) 35, Juara VII Adi Sandra Mach Point (MP) 6, pool point (PP) 32,5, Juara VIII Anderi mach Point (MP) 6 pool point (PP) 31, Juara IX Andri Wahyuza Mach Point (MP) 6 pool point (PP) 30, dan Juara X Geni Meisandi Mach point (MP) 6 Pool point (PP) 27.

Penulis: Rusdianto | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button