NEWS

Pemkab Basel Rehab Empat Dermaga Transportasi Rakyat

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Dinas Pekerjaan Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRHub) Kabupaten Bangka Selatan melakukan pembangunan rehabilitasi empat Dermaga Transportasi Rakyat antar pulau.

Kepala Bidang Perhubungan Laut, ASDP dan Hub darat Dinas PUPR Bangka Selatan, Budi Heriansyah mengatakan, pembangunan rehabilitasi empat dermaga dilakukan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 sebesar Rp 29,5 miliar.

“Empat dermaga yang dilakukan rehabilitasi yakni dermaga di Desa Sadai, 1 dermaga di Desa Penutuk Kecamatan Lepar Pongok, dan satu dermaga di Tanjung Gading dan sat dermaga di Desa Pongok Kecamatan Kepulauan Pongok,” kata Budi Heriansyah.

Lebih rinci, Ia menyebutkan, untuk rehabilitasi pembangunan dermaga ponton di Sadai anggaran yang digunakan sebesar Rp 3,9 miliar, dermaga Penutuk dan dermaga Tanjung Gadung total Rp23 miliar dengan masing-masing anggaran Rp11,2 miliar.

“Kalau untuk dermaga di Pongok kurang lebih sekitar Rp2,6 miliar. Tujuan dari pembangunan ini untuk membenahi transportasi laut sebagaumana wujud pelayanan kepada masyarakat,” ujar dia

Ia menuturkan, dengan adanya rehabilitasi dermaga ferry bisa masuk sehingga dapat mengangkut barang ke dermaga di pulau sehingga transportasi laut berjalan dengan lancar dan dapat mengurangi disparitas harga bahan pokok, karena selama ini biaya penyeberangan sangat besar.

“Mudah-mudahan pelaksanaan kegiatan pembangunan rehabilitasi ini bisa berjalan dengan lancar dan bisa dikerjakan sesuai target,” ujar dia.

Sementara itu, Staf Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah VII Sumsel Babel, Novi Tri mengatakan, pihaknya datang hanya untuk melakukan pengawasan kegiatan yang tengah di kerjakan Dinas PUPRHub Pemkab Bangka Selatan.

“Kita hanya melakukan monitoring di lapangan terkait dengan kegiatan ini. Kita juga memberikan masukan agar pengerjaan ini tidak terlambat sehingga bisa segera dimanfaatkan masyarakat,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button