LENSA KRIMINALNEWS

Pelaku Begal Pangkalpinang Ditangkap Jatanras Polda Babel Saat Mancing di Sungai Rangkui

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Anggota tim Jatantas Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Bangka Belitung menangkap satu orang pelaku begal yang menjalankan serangkaian aksi kejahatannya di Kota Pangkalpinang.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Maladi mengatakan pelaku berinisial NS alias Keling, laki-laki, 26 tahun, ditangkap saat sedang memancing di tepi Sungai Rangkui Jalan Kakap 2 Kelurahan Ampui Kota Pangkalpinang, Selasa kemarin.

“Pelaku Keling diciduk atas dugaan melakukan penjambretan terhadap seorang wanita bernama Lisna di Jalan Fatmawati Kampak Kelurahan Bukit Merapin Kecamatan Gerunggang Kota Pangkalpinang,” ujar Maladi dalam siaran persnya kepada wartawan, Rabu, 8 September 2021.

Maladi menururkan modus yang digunakan pelaku adalah dengan cara memepet korban yang sedang mengendarai sepeda motornya dan langsung menarik tas korban hingga tali tas putus. Setelah tas berhasil merebut tas korban, kata Maladi, pelaku langsung melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor honda beat ke arah pasar Kerabut.

“Atas kejadian tersebut, korban kemudian melapor ke polisi. Dari hasil penyelidikan dan interogasi terhadap korban, pelakunya mengarah kepada NS alias Keling. Ternyata benar bahwa Keling ini menguasai satu unit Handphone merk Samsung Galaxy A01 warna Biru yang diduga merupakan barang hasil kejahatan,” ujar dia.

Menurut Maladi, dari keterangan pelaku, tas korban tersebut berisikan uang tunai Rp 300 ribu yang kemudian dipergunakannya untuk membeli chips game Higgs Domino. Dan satu unit Handphone merk Samsung Galaxy A01 warna biru, kata Maladi, digunakan sendiri oleh pelaku untuk bermain game dan menelpon.

“NS alias Keling ternyata merupakan residivis kambuhan dengan kasus yang sama dan pernah menjalani hukuman penjara sebanyak dua kali pada 2019 dan 2020 lalu. NS alias Keling juga pelaku kejahatan di belakang Metro Jalan Natuna Kelurahan Air Salemba Kecamatan Gabek, di Jalan Balai Kecamatan Taman Sari, di Jalan Bukit Merapin dan di simpang Jalan Koba Pangkalpinang,” ujar dia.

Dari tangan pelaku, kata Maladi, turut diamankan barang bukti satu unit handphone merek Samsung Galaxy A01 warna biru beserta dengan kotak handpone, satu unit sepeda motor Honda Beat warna biru putih tanpa plat nomor polisi, satu buah helm merek GM warna putih, satu buah sweater warna biru dongker, satu unit handphone merekTecno warna biru, dan satu unit handphone Nokia black senter.

“Saat ini pelaku dan barang bukti sudah di bawa dan diamankan ke Polda untuk proses penyidikan lebih lanjut,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button