NEWSPANGKALPINANG

Ketua DPRD Kota Abang Hertza: Masjid Kubah Timah Sangat Strategis, Kami Menyetujui

Lensabangkabelitung com, Pangkalpinang – Pembangunan Masjid Kubah Timah yang didesain oleh Ridwan Kamil, arsitek kondang sekaligus Gubernur Jawa Barat, mendapat dukungan penuh dari Ketua DPRD Kota Pangkalpinang Abang Hertza. Sesuai rencana, masjid itu akan berdiri di eks lahan gudang beras, tepat di seberang Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang.

Abang Hertza mengatakan, Masjid Kubah Timah yang berada di jantung kota Pangkalpinang, selain akan menjadi ikon kebanggaan, juga secara fungsional sangat dibutuhkan.

“Belum ada masjid di situ. Misalnya, selama ini ketika sholat Idul Fitri dan Idul Adha, kan kita gunakan Lapangan Merdeka, itu kurang representatif. Program Pak Wali Kota yang inginkan adanya sebuah masjid di situ, kita dukung penuh,” ujar Abang Hertza, Senin, 13 September 2021.

Karena, lanjut Abang Hertza, hadirnya masjid di pusat kota, bernilai strategis dan representatif. “Apalagi, Kota Pangkalpinang ini mayoritas muslim kan. Kami sebagai Ketua DPRD, juga dari Fraksi PDIP dan sebagai Ketua DPC PDIP Kota sangat menyetujui adanya pembangunan Masjid Kubah Timah. Ini lompatan besar bagi Bangka Belitung sebagai daerah penghasil timah dengan adanya simbol Masjid Kubah Timah ini” tambah dia.

Selain pembangunan masjid, dikatakan Abang Hertza, Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil juga menaruh konsentrasi tinggi dengan program skala prioritas penanggulangan banjir dan program-program penanganan pandemi Covid-19. “Untuk pandemi, vaksinasi saat ini kan terus digencarkan, bahkan warga sekitar dari luar Kota Pangkalpinang banyak pula yang ikut vaksinasi di sini,” ujar dia.

Dukungan senada, pada pembangunan Masjid Kubah Timah juga disuarakan Sektretaris Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang, Rudi Hentoni.

“Kami PDI Perjuangan sangat menyetujui pembangunan Masjid Agung Kubah Timah ini. Karena dengan adanya Mesjid Kubah Timah ini, akan menjadikan Kota Pangkalpinang mempunyai masjid agung yang menjadikan ikon serta tempat pusat kajian Islam serta tempat-tempat alternatif masyarakat di sekitarnya untuk melaksanakan ibadah sholat lima waktu, sholat Jumat dan banyak kegiatan keislaman lainnya,” tutur Rudi Hentoni.

Juga, lanjut dia, dengan adanya Masjid Agung di kawasan jantung kota ini, akan menjadi multiplier effect bagi roda perekonomian maayarakat yang berusaha di sskitar Alun-alun Taman Merdeka.

“UMKM di sekitarnya akan terdampak apalagi di lingkungan masjid juga akan dbangun kantor-kantor ormas Islam dan pusat kajian keagamaan. Ini tentunya luar biasa sekali dampaknya untuk kaum muslimin di kota Pangkalpinang dan bisa kita bayangkan suasananya nanti,” ujar dia.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button