NEWS

Kepala Sekolah Al-Azhar Pangkalpinang Resmi Dilantik, Siap Ciptakan Generasi Berprestasi dan Berakidah

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Ketua Dewan Pembina Yayasan Ar Rahim Bangka Belitung Hidayat Arsani resmi melantik Fitriani M.Pd sebagai Kepala SD Islam Al-Azhar 71 Pangkalpinang dan Quro Aini M.Pd sebagai Wakil Kepala Sekolah serta Samsiah S.Pd sebagai Kepala Kelompok Belajar (KB) dan TK Islam Al Azhar 65 Pangkalpinang.

Pelantikan digelar di ruang pertemuan Kantor Cabang Utama Bank Sumsel Babel (BSB) Pangkalpinang, Jumat Sore, 3 September 2021 dengan dihadiri langsung oleh perwakilan Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar pusat.

Ketua Bidang Dikdasmen YPI Al Azhar, Budiono mengatakan sekolah Al Azhar memiliki standarisasi sendiri sehingga para orang tua atau wali murid tidak perlu khawatir soal kualitas pimpinan sekolah maupun guru.

“Standarisasi dikeluarkan oleh pusat. Itu adalah tanggung jawab kami. Makanya kami selalu berkoordinasi dan melakukan pemantauan. Jadi orang tua tidak perlu khawatir karena standar pimpinan dan guru Al Azhar dimana pun berada adalah sama,” ujar Budiono saat memberikan sambutannya.

Di sekolah Al Azhar, kata Budiono, setidaknya ada tiga target yang harus dikejar dalam menciptakan generasi berkualitas. Dia mengatakan alumni Al Azhar saat ini sudah banyak yang berhasil menjadi menteri dan jabatan penting lainnya.

“Yang utama adalah menanamkan akidah bagi murid, penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta menciptakan generasi yang mampu bersaing secara global dengan pembelajaran bahasa seperti bahasa Inggris dan bahasa Arab. Bahkan saat ini sudah diajarkan bahasa Mandarin,” ujar dia.

Dalam menanamkan nilai akidah, kata Budiono, murid diminta melakukan kebiasaan sehari-hari dengan melakukan tadarus, sholat berjamaah dan memperkuat hafalan ayat-ayat suci Al-Qur’an.

“Sedangkan untuk IPTEK sarana IT perlu diperkenalkan dan diperkuat bagi murid agar tidak ketinggalan teknologi. Dan untuk menciptakan generasi berdaya saing global, bahasa asing perlu diajarkan. Untuk itu pimpinan sekolah dan guru harus berkembang dengan melakukan berbagai inovasi, terutama dimasa pandemi. Al Azhar harus menjadi leader school bagi sekolah disekitarnya,” ujar dia.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Ar Rahim Bangka Belitung Hidayat Arsani mengatakan jabatan kepala sekolah yang sudah definitif diharapkan mampu menjalankan managemen sekolah dengan baik dan mampu menciptakan generasi yang berprestasi serta berakidah.

“Pimpinan sekolah dan guru jangan sampai mengecewakan para orang tua dan wali murid. Harus tetap semangat dalam memberikan pembelajaran dengan melakukan inovasi agar generasi berprestasi dan soleh bisa tercapai,” ujar dia.

Hidayat menuturkan akan memperjuangkan sekolah Al Azhar sebagai bagian dari meningkatkan kualitas pendidikan di Bangka Belitung agar generasi yang lulus bisa berprestasi ditingkat nasional dan internasional.

“Bahkan di 2024 kita akan membangun SMP dan SMA Al Azhar. Saat ini sedang dipersiapkan segala sesuatunya. Bahkan lahan sudah ada. Tujuan saya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah saya ini. Saya masih bisa membangun meski tidak duduk di pemerintahan,” ujar dia.

Hidayat menambahkan pembangunan sekolah Al Azhar sama sekali jauh dari profit atau tidak mengejar pendapatan komersil. Keinginan yang ingin dicapai, kata dia, hanya semata-mata membangun pendidikan di Bangka Belitung.

“Kalau saya pribadi sudah cukup. Tinggal bagaimana kualitas pendidikan kita bisa sama atau lebih dari daerah yang sudah maju. Kalau komersil tentu saja tidak. Sampai saat ini pun saya masih memberikan subsidi dari profesi saya sebagai pengusaha tambak udang,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button