NEWS

Dipimpin Wakapolda Babel, Ini Kinerja yang Sudah Dicapai Satgas Vaksinasi

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Satuan Tugas (Satgas) Vaksinasi Bangka Belitung terus berupaya mencapai target pemberian vaksin Covid-19 bagi masyarakat. Hingga saat ini realisasi penerima vaksin terus menunjukkan tren yang positif.

Ketua Satgas Vaksinasi Brigadir Jenderal Umar Dani mengatakan saat ini pihaknya terus menggenjot realisasi vaksinasi untuk tingkat provinsi paling tidak mencapai 50 persen diakhir bulan ini.

“Kalau di kabupaten kota sudah diatas 50 persen. Tapi target provinsi untuk vaksin pertama kita upayakan sampai 50 persen,” ujar Umar Dani kepada Lensabangkabelitung usai menghadiri syukuran dan peresmian Gedung Presisi Satuan PJR Ditlantas Polda Bangka Belitung, Rabu, 22 September 2021.

Menurut Umar Dani, untuk vaksinasi dosis kedua baru terealisasi sebanyak 28 persen. Dia mengakui ada selisih yang cukup jauh antara vaksin pertama dan kedua.

“Memang ada tenggang waktu minimal satu bulan. Tapi kesadaran masyarakat sendiri juga penting. Kalau vaksin pertama sudah jatuh tempo, seharusnya tidak usah digerakkan lagi. Tinggal datang saja ke gerai vaksin untuk dosis kedua,” ujar dia.

Sedangkan untuk ketersediaan dosis vaksin, Umar Dani menuturkan bahwa hal tersebut tidak lagi menjadi masalah karena setiap Minggu ada dropping dari pusat dengan jumlah rata-rata 20 ribu dosis vaksin setiap minggunya.

“Untuk tingkat vaksinasi di daerah hampir merata. Tidak rendah lagi karena sudah kita beri target. Jadi target masing-masing daerah sudah ada dan disesuaikan dengan jumlah penduduk yang harus divaksin, jumlah vaksinator dan gerai vaksin yang ada baru dibagi habis dan jadi target harian yang harus dicapai,” ujar dia.

Umar Dani menambahkan target harian masing-masing daerah tersebut memang tidak mudah dicapai karena untuk melakukan mobilisasi masyarakat tidak gampang dan perlu kerja keras serta keterlibatan seluruh stakeholder.

“Alhamdulillah dengan adanya satgas ini progresivitasnya cukup signifikan. Kita belum tahu angka persisnya kita sudah dapat berapa puluh ribu. Nanti selesai dari Bangka Tengah dan Bangka Selatan, baru saya laksanakan evaluasi yang kedua. Nanti kita ranking per wilayah agar tahu daerah mana yang capaiannya paling tinggi. Kalau sementara Bangka Barat dan Belitung yang tinggi. Selebihnya rata-rata hampir sama,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button