BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMINEWS

Desa Rajik dan Permis Jadi Percontohan Daerah Sadar Zakat

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Selatan menjadikan Desa Rajik dan Desa Permis Kecamatan Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan sebagai percontohan desa sadar zakat.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid memberikan apresiasi kepada Kemenag Bangka Selatan yang terus berinovasi dengan memperdayakan pengelolaan zakat sebagai pondasi perekonomian ummat sehingga masyarakat desa dapat eksis sejahtera di tengah pandemi saat ini.

“Hari ini, terasa istimewa karena terlahir suatu ide cemerlang dari Kemenag Bangka Selatan dengan ditetapkannya Desa Rajik dan Permis sebagai percontohan desa sadar zakat Kabupaten Bangka Selatan. Dan mudah mudahan setiap tahunnya akan lahir desa sadar zakat berikutnya,” kata Riza Herdavid saat menghadiri peresmian desa Sadar Zakat, Rabu 28 September 2021.

Ia menuturkan, program desa sadar zakat ini memberikan kemandirian desa dalam membangun perekonomian ummat melalui zakat. Dengan konsep zakat dari desa untuk desa sehingga zakat di kelola dengan baik dan profesional unit pengelola zakat (UPZ) desa sehingga para mustahil akan mendapatkan haknya secara adil dan merata.

“Pengelolaan UPZ ini tentu di bawah bimbingan Baznas Bangka Selatan dengan harapan agar jumlah Muzakki akan bertambah pesat dan jumlah mustahik akan berkurang. Yakinlah dengan berzakat harta berlipat badan sehat hidup pun berkah,” ujar dia.

Ia mengajak untuk menjadikan zakat sebagai tulang punggung perekonomian ummat sehingga dapat mengentaskan kemiskinan. Zakat sebagai pondasi ekonomi ummat senantiasa dilestarikan di tengah masyarakat untuk menopang perekonomian masyarakat khusunya yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

“Pengelolaan zakat yang baik, dan benar diiringi dengan pemahaman nilai-nilai ajaran agama dapat memberikan sentuhan terhadap denyut nadi kesejahteraan ummat,” ujar dia.

Riza menambah, Desa Rajik dan desa Permis ini merupakan desa yang maju, memiliki sumber daya alam yang luar biasa dan menjunjung tinggi nilai nilai agama yang tinggi sehingga wajar kalau kemenag menetapkan sebagai percontohan desa sadar zakat Bangka Selatan.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button