BANGKA SELATANNEWS

Bupati Basel Buka Webinar Nasional Pendidikan dan Launching Platfrom Sahabat Guru

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Mewakili Ketua Apkasi, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid membuka acara webinar nasional pendidikan dan Launching Platfrom Sahabat Guru, Kamis, 16 September 2021 di Bengkulu Utara dengan tema mewujudkan guru cakap bermedia digital, cakap numerasi dan berkarakter dalam menghadapi tantangan global.

Riza Herdavid dalam sambutannya mengatakan, satu dari banyak permasalahan yang terus menjadi pekerjaan rumah pemerintah adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM) secara merata. Kualitas SDM sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa dan pondasi kuat di tengah sengitnya persaingan regional dan global.

“Tantangan di ruang digital saat ini semakin besar dan telah menyentuh semua bidang kehidupan mulai dari politik, pemerintahan, ekonomi, sosial-budaya, dan pendidikan. Menyikapi tantangan tersebut, literasi digital menuju masyarakat cakap digital menjadi hal yang wajib dilakukan,” kata Riza Herdavid yang merupakan wakil Sekretaris Jenderal Apkasi.

Menurut Riza, literasi digital tidak hanya menuntut penguasaan teknologi, melainkan juga mampu bermedia digital dengan penuh tanggung jawab. Hal ini menjadi tantangan penyelenggara pemerintahan untuk memberikan literasi kepada masyarakat serta menyiapkan human resource digital demi terciptanya masyarakat yang cakap digital.

Dalam perspektif pendidikan, kata Riza, guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini. Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital.

“Guru harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform-platform pendidikan saat ini, melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan Learning Management System, dan lain sebagainya. Tantangan utama guru di era global dan serba digital saat ini adalah mencetak lulusan yang berkemampuan menyelesaikan masalah kompleks, berpikir kritis-analitis, dan tetap berkarakter,” ujar dia.

Ia menuturkan, sebagai garda terdepan pencerdas generasi emas Indonesia, guru memiliki peran strategis dalam memberikan edukasi dan motivasi kepada peserta didik. Dengan membawa spirit Inspirasi untuk Indonesia Maju, Sahabat Guru memberikan warna baru bagi geliat literasi dan Pendidikan di tanah air.

“Kami ingin terus menjadi spirit bagi Kabupaten Bengkulu Utara untuk terus berkembang dan memberikan energi positif bagi negeri. Sahabat Guru hadir memberikan ruang bagi pemerintah untuk menyapa masyarakat khususnya para guru di Bengkulu Utara melalui berbagai program yang akan dipublikasikan,” ujar dia.

Ia menambahkan, media sahabat guru akan diberikan secara gratis untuk dapat diakses oleh seluruh guru di tanah air guna meningkatkan literasi dan mutu guru.

“Kami sangat berharap bapak Bupati dan jajaran pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dapat terus aktif di organisasi Apkasi ini untuk dapat saling bertukar pengalaman dan saling bekerjasama untuk memajukan bangsa,” ujar dia.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button