LENSA KRIMINALNEWS

Bawa 30 Kilogram Ganja dari Mandailing Natal ke Babel, Pelaku GM Diupah Rp20 Juta

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Direktorat Reserse Narkoba Polda Bangka Belitung berhasil mengamankan satu orang yang terkait kepemilikan narkoba jenis ganja di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Kabupaten Bangka Barat pada Minggu dini hari, 5 September 2021

Pelaku berinisial GM, laki-laki, 26 tahun, warga Jalan Pahlawan 12 Kecamatan Rangkui Pangkalpinang ditangkap usai dengan barang bukti ganja seberat 30 kilogram.

Direktur Reserse Narkoba Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Ahmad Yanuari Insan mengatakan pelaku sengaja datang dari Bangka ke wilayah Mandailing Natal, Sumatera Utara, untuk menjemput ganja tersebut.

“Ada yang menyuruh tersangka mengambil langsung narkoba tersebut. Tersangka kemudian dengan perjalanan darat menggunakan mobil datang kemudian dibawa untuk didistribusikan ke Bangka,” ujar Ahmad Yanuari kepada Lensabangkabelitung, Senin, 6 September 2021.

Ahmad Yanuari menuturkan hasil penyelidikan sementara pelaku bertugas membawa ganja tersebut dengan diberi upah oleh pelaku lain yang saat ini sedang dalam pengembangan.

“Dari pengakuan pelaku, dia mendapatkan upah sebesar Rp 20 juta. Belum tahu apakah untuk setiap kilogramnya atau total semua. Masih kita dalami lagi,” ujar dia.

Sebelumnya Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Maladi mengatakan polisi telah memantau pergerakan pelaku dan diketahui tanggal 1 September 2021 akan kembali menyebrang dari Tanjung Siapiapi ke Tanjung Kalian. Namun menurut karena terkendala dari validasi vaksin, pelaku baru bisa kembali pada hari Sabtu tanggal 4 September 2021 memakai kapal terakhir tujuan Tanjung Kalian pukul 20.30 WIB sampai pada pukul 00.15 WIB.

“Pada saat pelaku tiba di Pelabuhan Tanjung Kalian, petugas kita segera mengamankan pelaku berikut kendaraan dan dibawa ke Polsek Mentok untuk dilakukan penggeledahan disaksikan Ketua RT setempat dan Satpam Tanjung Kalian,” ujar dia.

Disampaikan Maladi, dalam penggeledahan tersebut ditemukan barang bukti berupa narkotika jenis ganja yang dibungkus plastik dilakban coklat sebanyak 35 bungkus dan barang bukti lainnya. Selanjutnya pelaku beserta barang bukti digelandang ke Direktorat Reserse Narkoba Polda Bangka Belitung.

“Adapun barang bukti yang diamankan 35 bungkus plastik warna coklat yang berisikan Ganja seberat kurang lebih 30 kilogram, satu unit hp Xiaomi warna putih hitam, satu lembar buku tabungan dan satu unit mobil Innova warna hitam BN 1735 PR,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button