BANGKA SELATANNEWS

Wabup Basel Berharap Evaluasi Pelayanan Publik Mampu Penuhi Harapan Masyarakat

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi mengharapkan evaluasi penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan pemerintah Kabupaten Bangka Selatan tahun 2021 dari tim Evaluator Kementerian PAN-RB, dan tim evaluator Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bisa meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Menurut Debby, dengan adanya evaluasi akan berdampak pada peningkatan pelayanan publik yang akan diberikan oleh perangkat daerah kepada masyarakat penerima layanan. Seperti yang sudah dilakukan pada tahun sebelumnya, evaluasi tersebut diiringi dengan masukan-masukan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik.

“Harapannya selain kenaikan nilai evaluasi, yang paling penting adalah percepatan peningkatan pelayanan dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga mendorong terciptanya pelayanan publik yang berkualitas dan profesional,” kata Debby saat menghadiri dan arahkan kegiatan Vicon pelayanan publik Bangka Selatan, Selasa 31 Agustus 2021.

Ia menuturkan, pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik dilaksanakan guna memperoleh gambaran tentang kondisi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, untuk kemudian dilakukan langkah-langkah perbaikan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, sehingga pelayanan prima yang diharapkan masyarakat dapat terealisasi.

“Pelayanan publik yang prima menjadi kunci utama reformasi birokrasi. Peningkatan kualitas pelayanan publik adalah keberhasilan reformasi birokrasi. Karena segala bentuk aktivitas penyelenggaraan negara bermuara pada pelayanan, terutama dalam menggerakkan perekonomian daerah dan mempercepat investasi,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, evaluasi pada tahun ini tetap difokuskan pada Dinas kependudukan dan pencatatan sipil dan dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu. Era digitalisasi perlahan mengubah pola pikir dan budaya kerja, terlebih setelah terjadi pandemi Covid-19, lebih menggiatkan kita untuk melaksanakan E-Government yang modern dan responsif.

“Kami berkomitmen menuntun dan memberi motivasi bagi jajaran pemerintah kabupaten Bangka Selatan untuk bergerak cepat, kreatif, inovatif dan profesional dalam melakukan perbaikan layanan,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, sesuai dengan visi misi dalam RPJMD Kabupaten Bangka Selatan tahun 2021-2026, misi ketiga yakni mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan publik yang responsif dan akuntabel. Untuk itu, pihaknya akan berusaha mewujudkan prioritas pembangunan pada tata kelola birokrasi yang efektif, efisien, transparan, bersih dan akuntabel serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

“Dengan kegiatan evaluasi ini, diharapkan perangkat daerah yang dievaluasi hari ini, akan mendapatkan hasil yang lebih baik. Terlebih diharapkan agar mampu membaca dan menjawab keinginan dan harapan masyarakat, dengan terus melakukan inovasi dan kreativitas. Sehingga pelayanan publik yang diberikan lebih cepat, dan semakin mendapat kepercayaan dari masyarakat,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button