NEWS

Usulan Masyarakat Ingin Menambang dengan TI Selam di Teluk Kelabat Dalam Ditolak

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Rapat koordinasi terkait pertambangan dan Tambang Inkonvensional (TI) selam di Perairan Teluk Kelabat Dalam menghasilkan keputusan untuk menolak usulan masyarakat yang ingin menambang dengan alat TI selam.

Rapat koordinasi itu sendiri digelar tertutup di Gedung Tribrata Polda Bangka Belitung, Sabtu, 28 Agustus 2021. Sejumlah wartawan yang akan melakukan kegiatan peliputan juga diminta keluar dari ruangan.

“Sudah kita putuskan terkait adanya permintaan dari masyarakat yang ingin melakukan penambangan TI selam di Teluk Kelabat, dengan berat hati kami tidak bisa merestui,” ujar Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman usai rakor tersebut.

Erzaldi menuturkan TI selam tidak sesuai dengan kaidah-kaidah dalam pertambangan. Disamping kaidah pertambangan tidak terpenuh syaratnya, kata dia, TI selam adalah TI yang beroperasi dengan tingkat keselamatan pelakunya sangat rendah sekali.

“Dan ini tidak juga direkomendasikan oleh kementerian. Untuk hal itu kami harus bertindak tegas karena kami selalu mengedepankan keselamatan dan kesehatan masyarakat kita,” ujar dia.

Sementara Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat enggan berkomentar terkait hasil rapat koordinasi tersebut. Dia menyerahkan semua penyampaian informasi kepada Erzaldi.

“Maaf saya tidak bisa berkomentar soal rapat tadi. Kami sudah sepakat informasi disampaikan satu pintu saja melalui gubernur,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button