BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

Rangkaian Kegiatan HUT ke-76 RI di Basel Akan Terapkan Prokes Ketat

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan akan melangsungkan pelaksanaan peringatan HUT Ke-76 Republik Indonesia (RI) pada Selasa 17 Agustus 2021 pekan depan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia Nomor B-564/M/S/TU.00.04/07/2021 tentang Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan Republik lndonesia Tahun 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan turut menggelar rapat persiapan pelaksanaan HUT ke-76 Republik Indonesia.

Rapat yang digelar di ruang rapat Gunung Namak Sekretariat Daerah Bangka Selatan pada Selasa 10 Agustus 2021 dipimpin langsung oleh Penjabat Sekretaris Daerah, Achmad Ansyori.

Ia mengatakan, berdasarkan surat edaran Mensesneg RI, pelaksanaan perayaan HUT RI pada tahun 2021 akan tetap digelar seefektif mungkin dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan terbatas.

“Peringatan HUT ke-76 RI nanti akan ada beberapa kegiatan yang akan digelar yakni pengukuhan paskibraka, mendengarkan pidato kenegaraan, upacara puncak dengan kegiatan detik-detik proklamasi, penaikan dan penurunan bendera,” kata Achmad Ansyori, Selasa 10 Agustus 2021.

Ia menuturkan, untuk kegiatan pengukuhan Paskibraka akan dilakukan pada Kamis 12 Agustus 2021 di Gedung Serba Guna. Sementara untuk kegiatan mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Senin 16 Agustus dan acara puncak upacara penaikan dan penurunan bendera dilakukan pada Selasa 17 Agustus 2021.

“Untuk proses penaikan dan penurunan bendera, kesepakatannya adalah kegiatan tetap dilakukan dengan pembatasan baik peserta upacara dan rangkaian kegiatannya,” ujar dia.

Ansyori mengungkapkan, paskibraka yang dipilih akan tetap bertugas dalam pelaksanaan penaikan dan penurunan bendera dan Paskibraka khususnya pasukan 8 dan pasukan 17 akan tetap bertugas dan nantinya akan didampingi pula oleh pasukan 45.

“Untuk peserta upacara puncak perayaan HUT Ke-76 RI akan dibatasi dimana hanya akan diikuti oleh sejumlah lembaga dimana masing-masing lembaga mengirimkan lima orang pegawai. Dan untuk pelajar tidak kita libatkan, sehingga upacara hanya akan diikuti oleh peserta dari lembaga-lembaga pemerintahan,” ujar dia.

Ia menambahkan, mengenai petugas upacara puncak HUT Ke-76 Republik Indonesia, petugas pada upacara penaikan bendera akan diisi oleh petugas dari Polres Bangka Selatan sedangkan pada upacara penurunan bendera akan diisi oleh petugas dari TNI.

“Semoga peringatan HUT Ke-76 RI ini tetap dapat menjadi motivasi agar kita semua sebagai masyarakat Indonesia tetap bersemangat melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa dan menjadikan Indonesia lebih baik sesuai dengan tema peringatan yaitu Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button