BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KESEHATANLENSA KRIMINALLENSA NASIONALNEWS

Jelang Imlek, Kapolres Basel Temukan Kelenteng Belum Sediakan Tempat Cuci Tangan

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2572 nanti malam, Kapolres Bangka Selatan AKBP Agus Siswanto melaksanakan pemantauan di dua Kelenteng yakni Kelenteng Dewa Sakti dan Kelenteng Dewi Sinmu yang ada di Toboali.

Kepada pengurus kelenteng, Agus menghimbau agar dalam perayaan sembahyang tahun baru Imlek untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 khususnya di Kabupaten Bangka Selatan.

“Tadi kita sudah melakukan pemantauan di dua Kelenteng. Kita minta kepada masyarakat yang merayakan nanti untuk patuhi protokol kesehatan. Jangan sampai perayaan tahun baru Imlek ini timbul kluster baru penyebaran Covid-19,” ujar dia.

Agus menuturkan hasil pemantauan yang dilakukan belum tersedia tempat cuci tangan di depan kelenteng. Untuk itu Ia meminta kepada pengurus kelenteng untuk menyediakan tempat cuci tangan.

“Rayakan lah tahun baru Imlek ini secara sederhana. Dan pada pelaksanaan sembahyang nanti malam tetap mematuhi protokol kesehatan, dengan menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun,” ujar dia.

Ia menambahkan, untuk pengamanan sendiri, pihaknya bersama TNI telah menyiapkan sejumlah personel untuk melakukan pengamanan di sejumlah kelenteng yang menjadi tempat perayaan tahun baru Imlek.

Sementara itu, pengurus Kelenteng Dewa Sakti Simpang Teladan Kecamatan Toboali, Asen mengatakan perayaan tahun baru Imlek tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. 

Ia menuturkan, kemeriahan dalam perayaan Imlek seperti permainan Barongsai tak dapat digelar secara umum demi tetap menghindari kerumunan dan langkah penerapan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19.

“Karena masih dalam masa Pandemi Covid-19, perayaan Imlek 2021 hanya dilakukan dengan ibadah utama yakni sembahyang di kelenteng yang disertai dengan permohonan atau doa-doa. Dan kita berharap pandemi ini segera berakhir,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button