NEWS

Pakai Surat PCR Palsu Berlogo RSBT, Perempuan Ini Diamankan ke Polda Babel

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Petugas Bandara Depati Amir Pangkalpinang mengamankan satu orang pelaku perjalanan yang kedapatan menggunakan surat keterangan Polymerase Chain Reaction (PCR) palsu.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Pangkalpinang Bangun Cahyo Utomo membenarkan jika ada penumpang yang diamankan di Bandara Depati Amir kemarin karena kedapatan menggunakan surat PCR palsu.

“Benar dan ada satu orang. Itu sudah diserahkan ke Polda sama BPBD dan petugas lain,” ujar Bangun kepada Lensabangkabelitung, Kamis, 5 Juli 2021.

Bangun menuturkan kejadian tersebut diketahui berdasarkan hasil pengecekan dokumen keberangkatan setiap penumpang dimana petugas mencurigai adanya satu penumpang yang menunjukan dokumen berbeda.

“Kita temukan dokumen yang dibawa berbeda dengan aslinya. Lalu kita konfirmasi ke pihak RSBT dan diketahui palsu. Setelah itu yang bersangkutan kita serahkan ke pihak berwajib,” ujar dia.

Menurut Bangun, pelaku tersebut hanya pelaku perjalanan biasa dan bukan warga yang berdomisili di Bangka Belitung. Akibat perbuatan itu, kata dia, yang bersangkutan dilarang untuk berangkat.

“Pelakunya tertahan. Tidak melanjutkan penerbangan tapi kita proses dan dibawa ke Polda Bangka Belitung,” ujar dia.

Direktur Ditreskrimum Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Budi Hermawan mengatakan pelaku yang perjalanan yang diamankan tersebut perempuan berinisial ZP dengan usia 31 tahun.

“Pekerjaannya hanya mengurus rumah tangga. Dugaan pelanggaran karena menggunakan surat yang diduga palsu,” ujar dia.

Budi menambahkan saat ini pelaku perjalanan yang diamankan tersebut sedang menjalani pemeriksaan oleh penyidik dan belum ada penetapan tersangka.

“Masih diperiksa karena siang tadi baru dari pihak satgas membuat laporan ke kita,” ujar dia.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button