NEWSPANGKALPINANG

Masyarakat Pangkalpinang Sudah Bisa Dapatkan Vaksinasi Moderna

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pemerintah Kota Pangkalpinang membuka program vaksinasi Covid-19 jenis Moderna untuk masyarakat umum sesuai dengan ketentuan.

Berbeda dengan vaksin Sinovac dan Astra Zeneca yang telah beredar, vaksin Moderna ini diproduksi oleh perusahaan farmasi asal Amerika Serikat, dan sudah dapat izin dari BPOM. Sedangkan untuk rentan waktu penyuntikan vaksin Moderna selama 21 hari.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr Masagus M Hakim mengatakan, vaksin Moderna diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (Nakes) dan orang yang mendapatkan tiket khusus.

“Vaksin Moderna diberikan terlebih dahulu untuk nakes, dan untuk orang yang mendapatkan tiket U (khusus) yang didata dari pusat boleh menggunakan untuk booster, Tiket U itu rombongan kami yang pertama itu,” kata dr Hakim saat ditemui pada Kamis, 26 Agustus 2021.

Ditambahkannya, masyarakat umum sudah bisa mendapatkan vaksin Moderna dengan syarat tertentu. Sementara untuk dosis Moderna sendiri tidaklah banyak, jumlahnya dibawah 10 ribu dosis.

“Vaksinnya tersedia untuk nakes, dan ada kiriman lagi untuk umum, bagi masyarakat umum tidak boleh menggunakan Moderna untuk vaksin ke-3, hanya boleh untuk vaksin pertama dan kedua,” tambahnya.

Salah satu penerima vaksin Moderna pada 23 Agustus 2021 lalu, Citra menjelaskan bahwa dirinya pertama kali meminta vaksin Sinovac, namun dari pihak rumah sakit memberikannya vaksin Moderna untuk disuntikan.

“Pertama saya minta vaksin Sinovac, karena denger dari temen vaksin Moderna itu lebih kenceng.” ucap Citra.

Defriansyah yang menerima vaksin Moderna pada 23 Agustus 2021 lalu, mengungkapkan pengalamannya setelah disuntikkan vaksin Moderna. Dirinya merasa demam pada jam tiga subuh, namun hanya sebentar saja dan tidak berjangka panjang.

“Kemarin vaksin pakai Moderna tanggal 23 Agustus 2021 di Rumah Sakit Muhaya Pangkalpinang, pas jam tiga subuh tanggal 24 badan saya demam, tapi cuman sebentar saja,” kata Defri saat ditemui pada Kamis, 26 Agustus 2021.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button