NEWS

Lima Pasien di Belitung Terpapar Covid Varian Delta, Gubernur: Serbu Belitung dengan Vaksin

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan di Belitung sudah ada terdeksi lima pasien Covid-19 yang terpapar varian delta, terutama di Tanjung Pandan dan Sijuk.

Untuk mengantisipasi penyebaran varian delta di daerah tersebut, Erzaldi mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat dengan Forkopimda bersama dengan Bupati Belitung via telepon, untuk melakukan vaksinasi untuk meningkatkan herd immunity kepada masyarakat.

“Varian delta terutama di Tanjung Pandan dan Sijuk sudah sangat menyebar, namun seminggu yang lalu sudah mulai melandai namun ini harus kita antisipasi dengan melakukan vaksinasi di sana dengan sedikit mengurangi vaksin di pulau Bangka,” kata Erzaldi kepada wartawan, Rabu 18 Agustus 2021 kemarin.

Ia menuturkan, pihaknya akan menyerang atau menyerbu Tanjungpandan dan Sijuk dengan menyuplai kurang lebih sekitar 15 persen vaksin ke Belitung untuk vaksinasi warga guna meningkatkan herd immunity, ditambah lagi dari Provinsi dan pusat kita minta lagi, sehingga dalam seminggu ini akan ada gerakan 1000 vaksin di Belitung.

“Untuk vaksin yang diambil 15 persen untuk Belitung ini akan berkurang tidak, karena segera Minggu depan pun akan datang lagi vaksin penggantinya. Dan kita akan terus berupaya agar vaksin kita ini bisa datang ke Babel bisa lebih banyak,” ujar dia.

Erzaldi mengungkapan, pihaknya juga telah membahas untuk mengantisipasi agar virus Covid varian Delta tidak masuk ke Pulau Bangka dengan rencana akan menutup bandara. Namun hal itu belum sampai nanti rapat yang lebih intens dengan Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

“Tadi nanti kami akan menutup bandara, jangan keluar masuk, tapi ini belum dilakukan, karena begitu kita melakukan itu, ada konsekuensi yang harus kita antisipasi juga. Saya ambil contoh pengiriman barang keaktivan kita mau melakukan kegiatan di Belitung berkenaan vaksin harus didukung dengan transportasi yang baik. Jadi Kami kemarin memutuskan bagaimana kita mengurangi betul mobilitas masyarakat di Belitung,” ujar dia.

Penulis: Rusdi

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button