BANGKA SELATANNEWS

Dengan Prokes yang Ketat, Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Pemkab Basel Tetap Berlangsung Khidmat

Lensabangkabelitung.com, Tobaoli – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di halaman perkantoran Bupati Bangka Selatan, Selasa 17 Agustus 2021.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, upacara pengibaran bendera berlangsung secara lancar dan khidmat. Dalam upacara tersebut Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid bertindak sebagai Inspektur upacara.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid mengatakan, rangkaian kegiatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan pemerintah Kabupaten Bangka Selatan yakni menggelar upacara pengibaran Bendera Merah Putih yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan mengingat saat ini masih dalam suasana Pandemi Covid-19.

“Upacara HUT RI hari ini dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat dan peserta yang terbatas karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19 dan berjalan dengan lancar,” kata Riza Herdavid, Selasa, 17 Agustus 2021.

Ia menuturkan, dalam momentum HUT RI, usai melaksanakan upacara pengibaran bendera, pihaknya juga memberikan bantuan kepada keluarga ASN Pemkab Bangka Selatan yang meninggal dunia serta kepada para pelaku usaha yang terdampak dari pandemi Covid-19.

“Tadi kita juga memberikan bantuan kepada keluarga ASN yang meninggal akibat Covid-19. Ada sembilan ASN kita yang meninggal dunia sehingga kita berikan bantuan untuk membantu keluarga yang ditinggalkan. Selain itu kita juga memberikan bantuan kepada pelaku usaha seperti pelaku seni, fotografer dan lainnya yang terdampak pandemi Covid-19 ini,” ujar dia.

Usai melaksanakan upacara secara langsung, Bupati Bangka Selatan beserta unsur Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan mengikuti upacara detik-detik Proklamasi secara virtual di ruangan Bupati Bangka Selatan.

“Setelah rangkaian kegiatan upacara secara langsung kami bersama unsur Forkopimda mengikuti upacara detik-detik proklamasi secara virtual. Dan nanti sore rangkaian kegiatan upacara penurunan bendera dan yang bertindak sebagai inspektur upacara Kapolres Bangka Selatan, AKBP Joko Isnawan,” ujar dia.

Dalam pelaksanaan upacara pengibaran bendera, Riza memberikan apresiasi kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengibarkan bendera pada peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Saya rasa mereka yang bertugas ini perlu mendaparlan apresiasi khusus karena telah bertugas dengan baik, hal ini dengan melihat cara bekerja mengibarkan bendera hari ini,” ujar dia.

Pada momentum HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Riza mengajak seluruh masyarakat Bangka Selatan untuk bersama-sama dalam melawan pandemi Covid-19 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Perjuangan para pahlawan telah selesai, tinggal kita mempertahankan merawat membina dengan kesatuan persatuan NKRI. Tapi terlepas dari itu, saat ini kita sedang mengalami perang juga tapi bukan perang melawan penjajah tapi perang melawan virus. Untuk itu, di momen HUT RI ini mari kita sama-sama berjuang, berperang melawan virus ini agar kita bisa merdeka dari virus dan bisa menjalankan kehidupan normal seperti biasa,” ujar dia.

Adapun yang bertugas sebagai perwira upacara Kabag Ops Polres Basel, AKP Surtan Sitorus, komandan upacara Kasat Lantas Polres Basel, AKP Jean Alvin Sinulingga, pembaca teks Proklamasi Ketua DPRD Basel, Erwin Asmadi, Pembaca Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sumadi.

Pembaca Doa, Kepala kantor Kementrian Agama Kabupaten Bangka Selatan, Jamaludin, dan pembawa acara Kanit IV Satreskrim Polres Bangka Selatan Ipda Lilis.

Penulis: Rusdi | Advertorial | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button