BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA NASIONALNEWS

BNN Basel Bentuk Kader Anti Narkotika Tingkat SMA

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Guna pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan narkotika di lingkungan sekolah, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka Selatan menggelar kegiatan pembentukan remaja teman sebaya anti narkotika kepada siswa tingkat SMA/SMK yang ada di Kecamatan Toboali.

Kegaiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Marina Toboali diikuti oleh sepuluh siswa dari perwakilan sekolah dan dihadiri oleh Kepala BNNK Basel Evon Meternik, Kepala DKPPKB Basel Supriyadi dan Ketua PWI Basel Dedy Irawan, Kamis 12 Agustus 2021.

Kepala BNNK Basel Evon Meternik, mengatakan kegiatan pembentukan teman sebaya anti narkotika melalui dialog interaktif remaja dilakukan untuk membentuk kader anti narkotika di sekolah .

“10 orang siswa dari perwakilan setiap sekolah ini nanti akan menjadi kader anti narkotika dan menjadi penyambung lidah BNN dalam program pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan narkotika di lingkungan sekolah,” kata Evon kepada wartawan, Kamis, 12 Agustus 2021.

Ia menuturkan, selain sebagai kader pencegahan, para siswa yang hadir dalam kegiatan tersebut juga akan menjadi kader rehabilitasi di tingkat sekolah sekaligus informan bagi BNNK Basel agar para siswa tidak terjebak dalam penyalahgunaan narkotika.

“Nanti akan ada 10 kali pertemuan dengan para siswa, juga akan ada 10 narasumber dari berbagai bidang dan ada 10 praktisi. Seperti bidang kesehatan, pencegahan, rehabilitasi untuk memberikan pembekalan kepada para siswa,” ujar dia.

Evon mengungkapkan, dalam kegiatan dialog interaktif remaja bersama para siswa tingkat SMA tersebut, pihaknya mengundang ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) untuk memberikan pembekalan supaya peserta didik mempunyai jiwa jurnalistik yang baik. 

“Rekan-rekan PWI ini sudah berpengalaman dalam membuat tulisan terutama pemberitaan ke masyarakat luas. Untuk diharapkan para siswa ini mempunyai jiwa jurnalistik yang baik agar tulisan mereka bisa tersampaikan dengan baik dan bisa diterima oleh teman sebayanya,” ujar dia.

Dengan kondisi penyalahgunaan narkotika di Bangka Selatan yang sudah sangat memprihatikan, kaya Evon diharapkan para remaja di Basel akan selamat dari penyalahgunaan narkotika.

“Sebagaimana sudah dirasakan bersama penyalahgunaan narkotika di Basel saat ini sudah sangat memprihatinkan, untuk itu jangan sampai anak-anak kita menjadi teracuni dengan narkotika kasihan dengan masa depan mereka,” ujar dia.

Sementara itu salah satu peserta dari SMA Muhammadiyah Toboali Dinda Zafira mengapresiasi BNNK Basel yang telah menggelar kegiatan teman sebaya anti narkotika dan membentuk kader anti narkotika di sekolah. 

“Ini sangat bermanfaat bagi para siswa dan ini kesempatan yang luar biasa sekali dan kami siap menjadi kader anti narkotika untuk memerangi narkoba di sekolah,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button