BELITUNG TIMURLENSA KRIMINALNEWS

Berbekal Rekaman CCTV, Tim Panah Polres Beltim Ringkus Pelaku Percobaan Bobol ATM di Kelapa Kampit

Lensabangkabelitung.com – Belitung Timur – Tim Panah Reserse Kriminal Kepolisian Resor Belitung Timur berhasil mengungkap dua pelaku percobaan pembobolan satu mesin Tunai Anjungan Mandiri di Pasar Kelapa Kampit yang terjadi pada Minggu dini hari, 21 Agustus 2021.

Kedua pelaku yakni, AS dan UL, 24 tahun, diringkus dekat kediamaannya di Perumnas Pelempang Jaya, Tanjungpandan pada Minggu 29 Agustus 2021.

“Dari rekaman CCTV dekat kejadian serta kita kumpulkan bukti-bukti mengarah pada pelaku. Setelah itu informasi yang kita terima pelaku berada di wilayah Tanjungpandan. Kita tangkap tanpa perlawanan beserta dengan alat buktinya,” kata Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Beltim, Ajun Komisaris Deddy Nuari kepada Lensabangkabelitung.com, Senin, 30 Agustus 2021.

Dia menjelaskan, dalam melakukan pembobolan ATM, pelaku sebelumnya mencoba untuk mematikan aliran listrik yang berada di mesin ATM tersebut agar tidak diketahui oleh warga sekitar.

“Setelah itu salah satu pelaku mengambil alat sejenis kapak yang dibawa disimpan di jok untuk mencokel mesin. Namun mesin bagian dalam ATM tersebut tidak dapat dibuka pelaku,” terangnya.

Karena usahanya untuk menggondol rupiah gagal, lantas kedua pelaku menyerah, lalu kabur dari tempat kejadian tanpa membawa hasil sepeserpun.

“Untuk motif kedua pelaku tersebut mengaku rencana untuk kebutuhan mereka sehari-hari mereka,” ujar Deddy.

Saat ini kedua pelaku sudah ditahan di Mapolres Beltim untuk mempertanggungjawabkan perbuatan percobaan pencurian yang dilakukannya. Barang bukti satu unit sepeda motor merk Yamaha Mio dan satu Kapak yg digunakan pelaku melakukan kejahatan juga diamankan pihak Kepolisian.

“Kerugian pada mesin ATM tersebut dan kedua pelaku kita jerat dengan pasal 363 jo 53/54 KUHP, ” pungkas Kasat Reskrim, AKP Deddy Nuary.

Penulis: Rizky Sadewa | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button