BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA KESEHATANLENSA NASIONALNEWS

Bangka Selatan Dapat Atensi Pemerintah Pusat Gara-Gara Belum Bentuk Tim P4GN

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka Selatan, Evon Meternik mengatakan saat ini Kabupaten Bangka Selatan belum membentuk tim terpadu pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika (P4GN) di daerah.

Sesuai dengan Instruksi Presiden nomor 2 tahun 2020 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri, kata Evon, diinstruksikan kepada pemerintah daerah untuk membentuk tim terpadu tingkat Kabupaten sampai Kecamatan dan Desa.

“Sesuai dengan Inpres nomor 2 tahun 2020 bukan hanya di Kabupaten Bangka Selatan tapi di seluruh daerah untuk membentuk tim terpadu P4GN. Dan untuk di Bangka Selatan sendiri belum terbentuk,” kata Evon kepada wartawan, Kamis 12 Agustus 2021.

Ia menuturkan, saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan sudah bertemu dengan Bupati dan wakil Bupati, Kesbangpol. Namun saat ini masih terkendala suasana Covid dan ini menjadi alasan pertama.

“Kita sudah berkoordinasi dan mendorong untuk pembentuk tim terpadu ini, namun dengan suasana Covid ini kita salah satu kabupaten yang menjadi atensi pusat belum terbentuknya tim terpadu tingkat daerah dalam pelaksanaan penyalahgunaan peredaran narkotika di wilayah kita. Dan saat ini tim terpadu kita belum terbentuk dan kita baru mempunyai perda, perbup juga kita belum ada dan tim terpadu juga belum ada,” ujar dia.

Menurut Evon, jika tim terpadu sudah terbentuk yang terdiri dari berbagai leading sektor yakni Pemda, Kesbangpol, Satpol PP, kepolisian, kesehatan, dan TNI semua jadi satu tim terpadu yang memiliki kekuatan dalam melakukan kegiatan-kegiatan penyekatan peredaran narkotika di Bangka Selatan.

“Peran tim terpadu ini nantinya akan melakukan kegiatan P4GN di wilayah Basel. Tanpa tim terpadu kita berjalan sendiri tidak akan pernah selesai kalau tidak bersama-sama melakukan pencegahan narkotika ini,” ujar dia.

Ia mengungkapkan dengan adanya tim terpadu, akan menyusun rencana aksi daerah apa yang harus dilakukan daerah dalam rangka pencegahan narkotika khususnya di Kabupaten Bangka Selatan.

“Tim terpadu ini bisa memetakan tempat tempat rawan penyalahgunaan narkotika dan kita kunjungi secara rutin. Kalau tempat rawan tidak pernah kita sentuh mereka merasa bisa bebas saja, dan tidak ada usaha dari kita. Untuk itu dengan adanya tim terpadu ini nantinya kita bisa melakukan razia gabungan setiap bulan agar peredaran narkoba di Basel bisa ditekan,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button