BANGKA BARATNEWS

Bakamla Akan Bangun Pos di Muntok, Lindungi Ekosistem Laut dari Illegal Fishing

Lensabangkabelitung.com, Muntok– Badan Keamanan Laut (Bakamla) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun pos di Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat tepatnya di sekitar wilayah Tanjung Ular. Hal itu disampaikan oleh Kepala Bakamla Babel, Letkol Leonardi Hilman setelah bertemu dengan Bupati Sukirman.

“Terkait (pembicaraan) dengan Bupati ke depan itu kami mohon kepada Bupati dapat memberikan kami lahan untuk pembangunan pos di Tanjung Ular,” kata Letkol Leonardi, Jumat, 6 Agustus 2021.

Menurut penilaian Letkol Leonardi, ekosistem laut di perairan Bangka Barat banyak terdapat klorofil yang menandakan potensi ikan yang melimpah. Dari itu, Letkol Leonardi menegaskan Bakamla bisa menjalankan wewenangnya untuk mengamankan laut dari nelayan asing dan illegal fishing.

“Di samping itu ekosistem laut di sini ada klorofil, apabila banyak klorofil berarti di situ banyak ikan, banyak ikan banyak nelayan, dengan banyaknya nelayan kita bisa pilah, mana yang nelayan lokal, dan mana yang nelayan asing, itu lah yang kita sasar,” kata dia menjelaskan.

“Karena pada dasarnya penyelendupan, narkoba, ilegal fishing, semuanya termasuk cantrang dan troll, pukat harimau masuk ke dalam kewenangan Bakamla, Insyaallah bisa dapat memberikan yang terbaik dan bisa lebih baik lagi dengan adanya Bakamla,” katanya menambahkan.

Sementara itu Bupati Bangka Barat, Sukirman pada momen yang sama menyampaikan bahwa pemerintah daerah merasa terbantu apabila nanti Pos Bakamla telah selesai dibangun.

“Karena potensi laut kita luar biasa, maka dari itu kita mencari titik yang pas untuk pos Bakamla, yang ilegal bersama dengan Bakamla bisa lah untuk mendukung pelestarian perikanan kita,” kata Sukirman.

Penulis : Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button