NEWS

Warga Sebut Sapi PO Tidak Cocok Untuk Iklim Bangka Belitung

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – DPRD Kepulauan Bangka Belitung melalui Komisi II berupaya menggali data ataupun informasi terkait peternakan sapi dalam rangkat swasembada daging di provinsi ini. Tujuannya, penggunaan APBD 2022 mendatang dapat mengakomodir kekurangan di Balai Benih Pertanian.

“Program-program itulah yang akan kita lakukan demi mencapai swasembada daging. Maka dari itulah kami ingin meninjau persiapan dan kesiapan, dan juga ingin mendapatkan informasi jenis sapi apa yang cocok untuk di bangka belitung ini,” ujar Ketua Komisi II DPRD Babel, Adet Mastur, di Jalan Raya Penagan, Desa Air Buluh, Kecamatan Mendo Barat, Kamis, 22 Juli 2021.

Berdasarkan hasil laporan kelompok tani setempat, kata Adet, banyak para kelompok tani sapi mengeluhkan sapi Peranakan Ongole (PO) tidak cocok di iklim Bangka Belitung, sementara menurut kelompok tani yang cocok ialah jenis sapi bali.

“Kalau menurut bapak dan ibu di sini dalam melakukan penelitiannya, dan menyarankan agar balai benih pertanian untuk dapat membuat program kegiatan sebagai bentuk edukasi yang di peruntukkan bagi para kelompok tani, sehingga tingkat keberhasilannya para kelompok tani dapat terwujud,” sarannya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Babel, Warkamni mengharapkan Balai Benih Pertanian dapat dijadikan sumber resmi bagi masyarakat. Pasalnya, di lapangan pihaknya sering menemukan sumber pembibitan liar yang menyebabkan kegagalan di tengah -tengah masyarakat.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button