LENSA KESEHATANNEWS

Simak, Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Isoman dari Dokter Meri

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Penderita Covid-19 banyak memilih untuk melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing, untuk menghindari bertemu dengan orang lain.

Saat isoman, tak banyak yang menyadari bahwa selama melakukan isoman para penderita Covid-19 mengalami masalah kulit yang beragam. Karena itu, mereka sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan, dan jangan bermalas-malasan.

Pakar Kecantikan dr Meri di klinik kecantikan D’Meries Pangkalpinang memberikan tips menjaga kesehatan kulit saat menjalani isoman, mulai dari hal yang paling mudah yaitu jangan lupa untuk mencuci wajah, agar tetap bersih.

Selain mencuci muka, berjemur di bawah sinar matahari juga merupakan hal yang penting, karena kandungan vitamin D dari UV B sangat baik untuk proses penyembuhan dari Covid-19.

“Vitamin D bisa didapatkan dari UV B, paling banyak itu dihasilkan pada jam 11 siang, hanya butuh sekitar 10 sampai 15 menit untuk kulit putih, dan 30 menit untuk berkulit agak gelap. Vitamin D menghasilkan imun yang bisa membantu dalam penyembuhan Covid-19,” kata dr Meri saat dijumpai di kliniknya pada Senin, 26 Juni 2021.

Selain itu, saat berjemur dianjurkan menggunakan sun screen atau produk tabir surya di bagian wajah yang memiliki kandungN SPF 30, agar wajah tidak menjadi kusam.

“Untuk daerah wajah itu kan hanya sembilan persen, jadi menurut saya tidak bermasalah untuk memakai sunscreen,” tambahnya.

Selain menjaga kesehatan kulit, kesehatan jiwa dan raga juga perlu diperhatikan, pasalnya jika pikiran menjadi stres juga bisa berdampak pada kulit menjadi berjerawat, terlihat kusam, dan keriput.

Olahraga, jaga pola makan, minum air putih yang cukup, dan istirahat teratur merupakan hal yang berpengaruh, dr Meri mengatakan apabila hal itu dijalankan dengan teratur, maka akan menghasilkan badan sehat, kulit menjadi glowing dan bersinar.

“Rajin berolahraga dan makan-makanan yang bergizi membuat badan kita sehat, minum air putih yang cukup bisa menghidrasi kulit kita agar tetap lembab, istirahat yang teratur bisa terhindar dari stres. Dengan melakukan hal diatas, selain sembuh dari Covid-19, tubuh kita sehat, kulit kita jadi lebih sehat, glowing, dan bersinar,” jelas dr Meri.

Penulis: Louis BY | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button