NEWS

Sebanyak 33 Barista Berlomba Menjadi Juara Bangka Coffee Festival 2021

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Sebanyak 33 barista mengikuti kompetisi manual brew dalam acara Bangka Coffee Festival 2021 di Hotel Santika Bangka, yang berlangsung Sabtu-Minggu, 24-25 Juli 2021.

Gelaran acara ini sangat ditunggu-tunggu oleh barista di Bangka Belitung, karena juara pada kompetisi ini akan dikirimkan ke Jakarta untuk mengikuti kompetisi nasional.

Sekretaris Panitia Bangka Coffee Festival 2021 Komang wijaya mengatakan, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan kopi Bangka Belitung bisa lebih dikenal secara nasional.

“Pemenang dari kompetisi ini akan kita adu lagi di Jakarta, dari semua daerah, dan memilih satu terbaik di Indonesia yang mewakili ke tingkat internasional,” ucap Komang, Sabtu, 24 Juli 2021.

Selain kompetisi manual brew, Bangka Coffee Festival juga menggelar kegiatan talkshow yang menghadirkan juri nasional Ijam, dan narasumber Muhammad Alga. Dari mereka, para peserta akan diajarkan secara serius tentang kopi supaya bisa membuka lapangan pekerjaan dari bisnis kopi.

“Kita undang narasumber nasional dari Jakarta, beliau memaparkan berberapa pengetahuan dunia kopi beserta perindustriannya,” kata Komang.

Juri nasional dari Jakarta Ijam, mengatakan para peserta yang mengikuti kompetisi ini sangat tinggi, mengingat pada event yang sama sebelumnya berjalan dengan lancar.

“Kompetisi ini juga bisa menjadi batu loncatan untuk para peserta untuk mengikuti kejuaraan yang lebih lanjut, seperti open services dan kompetisi nasional lainnya,” ucap Ijam.

Dalam penilaiannya, barista yang mengikuti kompetisi ini sudah memiliki keahlian yang cukup untuk membuat kopi dengan teknik manual, keahlian para barista ini juga hanya butuh polesan agar bisa lebih profesional.

“Hasilnya bagus-bagus semua, sudah bisa nge-highlight kopi dengan baik, tinggal dipoles dikit aja, penilaiannya ada beberapa faktor mulai dari aroma, rasa, tingkat keasaman, bodi, dan keseimbanganya,” kata Ijam.

“Saya juga berharap untuk pemenang, sampai bertemu di kompetisi open services,” ujar dia di akhir keterangan.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button