NEWS

Satu Langsung Bebas, 12 Andikpas Pangkalpinang Mendapat Remisi di Hari Anak Nasional 2021

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Dalam Rangka Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2021 Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Pangkalpinang memberikan Remisi Anak Nasional (RAN) kepada 12 orang Andikpas yang sedang menjalani pembinaan pada Jumat, 23 Juli 2021.

Pemberian remisi anak ini diberikan secara langsung oleh Kepala LPKA Kelas II Pangkalpinang Nanang Rukmana di lapangan apel pegawai LPKA Kelas II Pangkalpinang yang didampingi oleh para pejabat struktural Eselon IV dan V, salah satu dari 12 orang Andikpas yang mendapatkan remisi anak ini mendapatkan RAN II yakni dinyatakan bebas.

“Pemberian remisi diharapkan dapat meningkatkan motivasi Andikpas agar senantiasa berkelakuan baik dan mengikuti rangkaian kegiatan pembinaan dengan sungguh-sungguh, baik itu pembinaan kepribadian maupuan pembinaan kemandirian,” ucap Nanang.

Kepada Andikpas yang dinyatakan bebas usai menerima remisi anak, Nanang berpesan agar selalu melaksanakan kewajiban shalat lima waktu disertai dengan ibadah lainnya. Serta, menerapkan semua ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat selama menjalani pembinaan di LPKA Kelas II Pangkalpinang.

“Bapak tidak mau lagi melihat Wd mengulangi kesalahan yang sama atau membuat kesalahan baru sehingga kembali lagi ke sini. Boleh ke sini namun untuk membesuk teman-teman yang ada di sini, bukan sebagai penghuni,” kata Nanang.

Dikatakannya, secara psikologis, tidak baik untuk seorang anak terlalu lama di dalam lembaga permasyarakatan, karena mereka juga perlu berinteraksi dengan lingkungan masyarakat sebagai makhluk sosial.

Semua proses pelayanan pemberian remisi dan pelayanan lainnya yang diberikan oleh LPKA Kelas II Pangkalpinang adalah pelayanan prima yang tidak berbayar atau gratis.

Sementara itu, Kepala Seksi Registrasi dan Pengklasifikasian LPKA Kelas II Pangkalpinang, Alkok Marya menyampaikan bahwa besaran remisi anak yang diterima Andikpas berbeda-beda, ada yang mendapatkan remisi sebesar mulai dari satu bulan dan ada yang dua bulan.

“Remisi anak merupakan hak tetapi bukan mutlak harus diberikan, untuk bisa mendapatkan remisi, anak yang sedang menjalani masa pidana harus memenuhi persyaratan di antaranya yakni berusia di bawah 18 tahun, harus berkelakuan baik, sudah menjalani masa pidana minimal tiga bulan dan melengkapi perlengkapan administratif lainnya termasuk persetujuan dari hasil sidang tim pengamat pemasyarakatan (TPP),” kata Alkok.

Selama dibina di dalam LPKA Pangkalpinang, Andikpas mendapatkan banyak hal dan ilmu yang saya dapat, salah satunya dibina untuk shalat 5 waktu, mengaji, diberikan pembinaan keterampilan dan pendidikan kesetaraan paket.

“Alhamdulillah saya senang sekali, hari ini dapat remisi dan langsung bebas, bisa kumpul lagi dengan keluarga di rumah,” ujar Wd, salah satu Andikpas LPKA Pangkalpinang yang mendapatkan RAN II.

“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh pegawai LPKA Pangkalpinang yang telah memberikan pembinaan dan merawat serta menjadi orang tua kami selama berada disini tanpa pamrih, semua pelayanan yang diberikan kepada kami tidak berbayar (gratis),” tambahnya.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button