BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KESEHATANNEWS

RS Pemerintah di Babel Akan Dikhususkan Untuk Penanganan Covid-19

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan, rumah sakit pemerintah 100 persen akan difokuskan untuk melakukan perawatan atau melayani pasien Covid-19 jika kasus positif Covid-19 terus bertambah.

Hal itu dikatakan Erzaldi usai melakukan rapat tertutup dengan Forkopimda Kabupaten Bangka Selatan dalam penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level tiga di Bangka Selatan, Senin 26 Juli 2021.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa skema dan strategi ketika yang terpapar atau positif semakin banyak dan pada angka-angka tertentu dimungkinkan untuk mengkonversikan tempat tidur yang tersedia untuk pasien umum dikonversikan untuk melayani pasien Covid-19 secara khusus.

“Kalau memang sudah terlalu tinggi tapi ini tidak kita harapkan, itu nanti full 100 persen rumah sakit pemerintah harus menangani pasien Covid-19 dan rumah sakit swasta kita arahkan untuk menangani pasien-pasien umum seperti biasanya,” kata Erzaldi kepada wartawan, Senin 26 Juli 2021.

Untuk di Kabupaten Bangka Selatan sendiri, Erzaldi meminta kepada pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dalam penerapan PPKM level tiga untuk menambah ketersediaan tempat tidur (Bad Occupancy Ratio/BOR) untuk melayani pasien khusus Covid-19.

“Tadi, kami sudah berikan arahan kepada pak bupati agar BOR atau ketersedian kamar dan tempat tidur ini ditingkatkan, tetapi pak bupati tadi mengatakan sudah ditambah 20 dan ini insya Allah akan ditambahkan lagi dengan menjadikan rumah sakit Kriopanting untuk kapasitasnya,” ujar dia.

Ia mengungkapkan, dalam pelaksanaan PPKM di kabupaten/kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar berjalan lancar perlu di dukung oleh seluruh masyarakat agar tujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 bisa tercapai. 

“Kami bersama bapak Kapolda, Danrem ingin memastikan pelaksanaan PPKM level tiga di Bangka Selatan berjalan lancar dan dilakukan petugas dengan cara-cara yang baik dan humanis. Selain itu, kami juga memastikan berbagai fasilitas kesehatan di masing-masing daerah tersedia dengan baik dan aman,” ujar dia.

Ia menambahkan kunci keberhasilan agar pelaksanaan PPKM betul-betul terlaksana dengan baik yaitu dengan kekompakan semua pihak, tidak hanya forkopimda di daerah kabupaten/kota saja, tapi forkopimda kabupaten/kota dengan forkopimda provinsi.

“Yang paling penting masalah ini harus kita selesaikan dan kerjakan bersama-bersama antara forkopimda di daerah kabupaten/kota   dengan provinsi bersinergi dan berkolaborasi. Karena ini salah satu kunci sukses membawa PPKM betul-betul terlaksana dengan baik ya kompak,” ujar dia.

Selain memastikan pelaksanaan PPKM level tiga di Basel berjalan dengan baik. Gubernur Erzaldi juga melakukan pemberian bantuan sekaligus mengawasi bantuan dari bapak presiden dan bantuan dari pemerintah lainnya kepada masyarakat Bangka Selatan.

Penulis : Rusdi | Editor Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button