NEWS

Positif Covid-19, Jenazah ABK Dievakuasi Satgas dari Kapal di Perairan Pangkalbalam

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengevakuasi satu anak buah kapal (ABK) KLM Rahmad Setia yang meninggal dunia karena positif Covid-19. ABK atau kru kapal bernama Laweh itu, meninggal dunia Sabtu pagi, 17 Juli 2021 sekitar pukul 06.30 WIB dan langsung dievakuasi dari kapal begitu mendekat di perairan Pelabuhan Pangkalbalam.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Babel, Mikron Antariksa mengatakan jenazah ABK itu diketahui positif Covid-19 ketika diambil swab antigen. Selanjutnya jenazah ABK dengan alamat KTP di Ciracas, Jakarta, itu dibawa ke kamar jenazah RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang untuk dilakukan pemulasaran.

“Dimakamkan malam ini juga di TPU Jalan Mentok,” ujar Mikron, ketika dihubungi Lensabangkabelitung, Sabtu, 17 Juli 2021.

Adapun mengenai kapal KLM Rahmad Setia, menurut Mikron, Kantor Pelabuhan Kelas III Pangkalpinang telah menyurati perusahaan pemilik kapal tersebut. Dengan mengacu pada Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan dan International Health Regulation Tahun 2005, kapal KLM Rahmad Setia ditetapkan sebagaikapal dalam karantina dan harus berlabuh di zona karantina dengan jarak minimal 2 mil dari pantai.

Selama masa karantina, seluruh ABK KLM Rahmad Setia tidak diperkenankan untuk naik turun kapal.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button