BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMINEWS

Pokdarwis Bangka Selatan Dilatih Cara Beri Kenyamanan Pengunjung Tempat Wisata

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan, menggelar pelatihan keamanan dan keselamatan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari di hotel Grand Marina Toboali tersebut diikuti sebanyak 40 orang dari Pokdarwis di delapan kecamatan.

Plt Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Selatan, Hefi Nuranda mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar para peserta yang tergabung dalam Pokdarwis bisa memahami  bagaimana memberikan kenyamanan, keamanan kepada pengunjung wisata.

“Kegiatan ini untuk memberikan pelatihan dan ilmu kepada peserta bagaimana pengelola wisata bisa melayani para pengunjung wisatanya dengan memberikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan. Untuk itu, kami sudah menyiapkan narasumber seperti BPBD Babel, Basarnas, Polres Basel, Akademisi, praktisi personal training dan dari Dinas Pariwisata sendiri,” kata Hefi, Selasa 13 Juli 2021.

Ia menuturkan, pihaknya dalam hal ini juga melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) Pariwisata dan Polres Bangka Selatan dalam pengamanan di tempat-tempat wisata.

“Belum lama ini ada berita dan laporan terkait adanya gangguan keamanan, untuk itu, kita dirikan pos jaga dan portal dari Satpol PP Pariwisata di setiap pintu keluar masuk tempat wisata kita,” ujar dia.

Selain itu, Hefi mengungkapkan, pihaknya juga akan melakukan pembatasan jam kunjungan oleh pihak polisi pariwisata, termasuk patroli di kawasan destinasi wisata khususnya.

“Kami juga membatasi jam kunjungan terutama di malam hari, jadi di jam-jam tertentu portal sudah ditutup tidak ada lagi masyarakat atau pengunjung di tempat wisata tersebut,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button