NEWS

Penyaluran BLT Desa Bulan Juni-Juli 2021 Rendah, Bangka Tengah Belum Sama Sekali

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak Januari hingga Mei 2021 sudah tersalurkan keseluruhan. Namun BLT desa untuk penyaluran di bulan Juni 2021 tercatat masih rendah.

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Perbendaharaan (DJPb) Bangka Belitung Fahma Sari Fatma mengatakan penyaluran BLT desa bulan Juni baru Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur yang telah menyalurkan seluruh desa.

“Kabupaten Bangka telah salur ke 51 desa dari total 62 desa, Bangka Barat baru salur 2 desa dari 60 desa, Bangka Selatan juga 2 Desa dari 50 Desa. Adapun Bangka Tengah belum salur sama sekali,” ujar Fahma saat Rapat Koordinasi Pembahasan Kebijakan Penanganan Covid-19 Bangka Belitung, Sabtu, 24 Juli 2021.

Sedangkan untuk bulan Juli, kata Fahma, baru Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur yang telah menyalurkan BLT ke seluruh desa. Untuk Bangka Barat dan Bangka Selatan baru menyalurkan masing-masing 2 desa.

“Adapun Bangka dan Bangka Tengah belum salur sama sekali. Kami mendorong agar seluruh desa dapat mengajukan penyaluran BLT desanya untuk kebutuhan sampai dengan September pada Juli ini. Sementara sisanya Oktober sampai Desember dapat diajukan sekaligus pada bulan Oktober. Semoga usaha optimal kita dalam menyalurkan BLT desa dapat menjadi salah satu bukti kehadiran pemerintah untuk melindungi rakyat,” ujar dia.

Fahma menuturkan ketentuan penyaluran BLT Desa dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Desa (RKD) yang semula disalurkan untuk kebutuhan per bulan, saat ini dapat disalurkan dengan pengajuan untuk kebutuhan paling banyak 3 bulan.

“Oleh karena itu, pemda dapat mengajukan kebutuhan BLT Desa 3 bulan sekaligus ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN),” ujar dia.

Namun demikian, kata Fahma, dalam penyalurannya kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tetap tidak boleh melebihi bulan berkenaan, misalnya saat ini bulan Juli maka alokasi untuk bulan Agustus belum dapat diberikan kepada KPM. Pemberian BLT Desa bulan Agustus, kata dia, dilakukan nanti ketika sudah memasuki bulan Agustus.

“Relaksasi pengajuan penyaluran untuk kebutuhan paling banyak 3 bulan ini, tentunya akan sangat membantu desa-desa terpencil, yang jauh dari lokasi bank sehingga tidak setiap bulan mondar-mandir ke bank,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button