LENSA KRIMINALNEWS

Penambang Timah Ilegal di Hutan Lindung Sungai Kebiang Penganak Ditangkap

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Satu orang penambang berhasil diamankan oleh pihak kepolisian karena melakukan penambangan ilegal di kawasan hutan lindung Sungai Kebiang Dusun Penganak Desa Air Gantang, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Maladi mengatakan penangkapan terhadap tersangka P alias Daus dilakukan atas laporan dari masyarakat yang menemukan adanya aktivitas penambangan pasir timah yang dilakukan oleh tersangka.

“Sewaktu dilakukan pengecekan oleh anggota, ternyata memang benar ada penambangan di kawasan hutan lindung sehingga langsung diamankan anggota,” ujar Maladi kepada wartawan Senin, 19 Juli 2021.

Saat kedatangan anggota, kata Maladi, tersangka Daus sedang menunggu didekat mesin dongfeng melihat dua orang rekannya yang sedang menyemprot tanah dan satu orang lainnya sedang menjalankan satu unit ekskavator.

“Melihat kedatangan petugas, rekan tersangka Daus langsung kabur meninggalkannya. Dari hasil pengecekan titik koordinat di lokasi penambangan yang dilakukan oleh anggota bersama dengan anggota KPHP Jebus Bembang diketahui lokasi tersebut masuk kedalam kawasan hutan lindung,” ujar dia.

Maladi menambahkan saat ini tersangka Daus diamankan dan diproses hukum di Polres Bangka Barat untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Adapun barang bukti yang diamankan yakni satu unit excavator, satu set mesin dompeng, satu unit mesin pompa air, dua buah cangkul, dua buah pipa paralon, satu gulung selang tanah, satu gulung selang air, satu buah selang monitor, satu buah sakan dan satu kampil atau karung warna putih berisikan pasir dengan berat kurang lebih tiga kilogram,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button