BANGKA SELATANLENSA EKONOMINEWS

Pelaku UMKM Desa Bikang Disarankan Olah Potensi Pertanian

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Ketua Perkumpulan Pengusaha Kecil dan Menengah (PPKIM) Kabupaten Bangka Selatan, Bujil Sani mengajak para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Desa Bikang Kecamatan Toboali untuk mengolah potensi hasil pertanian menjadi produk yang lebih bernilai ekonomis.

“Ada beberapa potensi pertanian di Desa Bikang ini yang bisa dijadikan produk UMKM yang bernilai ekonomis seperti nanas, pisang dan ubi jalar. Untuk itu, kita mengajak masyarakat yang ingin membangun UMKM guna meningkatkan perekonomian,” kata Bujil Sani kepada wartawan usai kegiatan sosialisasi kepada perwakilan masyarakat Desa Bikang yang ingin mengembangkan UMKM, Jumat, 9 Juli 2021.

Ia menuturkan, bagi masyarakat yang ingin mengembangkan usahanya, pihaknya siap mendampingi mulai dari membuat produk, kemasan, administrasi dan pemasaran melalui jaringan Rumah BUMN baik secara langsung maupun online.

“Tadi kita sudah mensosialisasi kepada perwakilan masyarakat di desa Bikang yang ingin mengembangkan usahanya. PPKIM Bangka Selatan, siap memberikan pembinaan bagi pelaku UMKM pemula di desa-desa lainnya yang ingin menjadi mitra PPKIM,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Desa Bikang, Zulfani memberikan dukungan terhadap upaya PPKIM Bangka Selatan yang ingin memajukan usaha kecil di desanya.

“Kami sangat mendukung upaya PPKIM dalam mendorong masyarakat di desa kami dalam mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah ini agar tercipta peluang ekonomi baru yang bisa menjadi penghasilan tambahan,” ujar dia.

Salah satu pelaku UMKM di Desa Bikang, Liana berharap PPKIM Bangka Selatan dapat terus memberikan pembinaan bagi usaha mereka.

“Kesulitan kami di pemasaran produk yang kami buat. kami bikin produk banyak tapi bingung mau jual kemana. kami ingin juga bantu suami untuk menambah ekonomi keluarga. oleh karena itu kami berharap pembinaan dari PPKIM terus berlanjut,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button