NEWS

Lumpur Selutut, Tak Memupus Semangat KTH Binaan BRGM Menanam Bibit Mangrove di Bangka Belitung

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – “Semangat! Semangat!” seru anggota Kelompok Tani Hutan Tanjung Bay Berjaya pada saat menanam bibit mangrove di awal Juni lalu.

Seruan ini memang dibutuhkan anggota KTH mengingat lokasi penanaman bibit mangrove berlumpur. Tidak tanggung-tanggung kedalaman lumpur ini mencapai lutut orang dewasa. Akibatnya, ruang gerak mereka menjadi terbatas.

Belum lagi, mereka harus membawa bibit mangrove yang akan ditanam dari satu titik ke titik selanjutnya. Perjuangan mereka tidak berhenti disana, mereka juga harus menahan terpaan terik matahari langsung tanpa adanya kanopi pohon yang melindungi mereka.

Perlahan tapi pasti, mereka terus menerjang lumpur-lumpur itu, tidak peduli dengan lumpur yang juga telah membalur dibaju mereka, terus bergerak demi tertanamnya bibit-bibit mangrove yang mereka bawa.

Semangat perjuangan mereka inilah yang patut diayomi dan menjadi kunci tercapainya target rehabilitasi mangrove di Kepulauan Bangka Belitung.

Bangka Belitung memiliki sebaran mangrove yang cukup luas, sayangnya sekitar 80.762 hektare termasuk mangrove kritis. Mengingat pentingnya mangrove sebagai penahan lajunya abrasi dari hantaman ombak laut, terutama di kepulauan, menyebabkan kegiatan rehabilitasi sangat penting dilakukan.

Upaya percepatan rehabilitasi mangrove di Bangka Belitung sampai tahun 2024 akan difasilitasi oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove, sebagaimana tertuang dalam Perpres No. 1 Tahun 2020.

Pelaksanaan rehabilitasi mangrove di Bangka Belitung, dilakukan BRGM bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Baturusa Cerucuk dengan target luasan sekitar 3,600 hektare untuk tahun 2021.

Rancangan teknis pelaksanaan rehabilitasi seluas 1,898 ha di Bangka Belitung telah disusun. Juga, telah diidentifikasi 44 kelompok pelaksana yang melakukan penanaman bibit mangrove.

Sampai Juli 2021, kelompok pelaksana telah berhasil menanam bibit mangrove seluas 378,4 ha. Upaya penanaman mangrove di Bangka Belitung terus dilakukan oleh kelompok masyarakat ini.

Release

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button