NEWS

Kapolda Babel Ingatkan Petugas Vaksinasi, Hindari Kerumunan Cegah Timbulnya Klaster Vaksin

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pelaksanaan vaksinasi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 masih terus bergulir di Bangka Belitung. Namun dalam pelaksanaannya justru menjadi perhatian karena membludaknya masyarakat hingga menimbulkan kerumunan.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat mengatakan proses pelaksanaan vaksinasi perlu diatur lebih baik dan lebih cepat agar tidak ada kerumunan massa.

“Yang penting vaksinasi diatur betul. Jujur saja saya masih mengkhawatirkan klaster-klaster Covid-19 yang muncul dari pelaksanaan vaksinasi yang tidak tertib,” ujar Anang saat Rapat Koordinasi Pembahasan Kebijakan Penanganan Covid-19 di Gedung Tribrata Mapolda Bangka Belitung, Sabtu, 24 Juli 2021 kemarin.

Menurut Anang, setiap dibuka gerai vaksinasi justru terjadi penumpukan massa yang luar biasa dan tidak semuanya bisa terlayani petugas karena keterbatasan.

“Oleh karena itu mohon diatur betul dari awal. Kita rencanakan 300 orang bagi kupon 300 saja dan selebihnya suruh pulang. Diatur jamnya agar tidak terjadi penumpukan,” ujar dia.

Anang menuturkan banyak metode yang bisa dilakukan agar pelaksanaan vaksinasi bisa lebih tertib tanpa ada kerumunan massa yang menunggu untuk dilakukan penyuntikan vaksin.

“Gunakan metode ular-ularan seperti di imigrasi. Jadi masyarakat tidak menumpuk agar antri duduk. Atau sediakan tempat duduk yang luas yang melebihi dari tempat itu. Jika lebih target suruh pulang. Saya khawatir dari situ vaksinasi penularan semakin tinggi,” ujar dia.

Anang menambahkan masalah terkait vaksinasi sudah disampaikan ke Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian seperti keterbatasan vaksin yang tersedia tidak sesuai dengan jumlah masyarakat yang ingin divaksin.

“Kita memang kekurangan vaksin tapi mudah-mudahan dalam waktu dekat ini kita bisa menambah lagi agar vaksinasi bisa lebih cepat lagi. Yang penting pelaksanaannya diatur betul,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button