BANGKANEWS

Gunakan ADD, Pembangunan Gedung Baru Kantor Desa Batubetumpang Hampir Habiskan Rp1 Miliar

Lensabangkabelitung.com, Toboali – Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Batubetumpang, Kecamatan Pulau Besar telah membangun gedung baru kantor desa Batubetumpang.

Kantor yang dibangun di jalan Tambak Permai RT 04 Desa Batubetumpang telah berdiri kokoh dan megah tersebut telah diresmikan oleh Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid pada Selasa 13 Juli 2021 kemarin.

Kepala Desa (Kades) Batubetumpang, Taufik mengatakan, pembangunan gedung baru kantor desa menggunakan anggaran dana desa (ADD) yang dibangun dalam dua tahap yakni tahap pertama tahun 2019 dan tahap kedua tahun 2021 dari silpa ADD 2020, silpa PBH 2020 dan ADD 2021.

“Pembangunan gedung baru kantor desa ini tahap pertama pada tahun 2019 kurang lebih anggaran yang digunakan Rp 420 juta, dan pada tahap kedua di tahun 2020 ditunda, karena pandemi Covid-19, sehingga tahap kedua dilaksanakan tahun 2021 dengan anggaran Rp 490 juta. Sehingga total keseluruhan anggaran yang digunakan Rp 910 juta,” kata Taufik kepada wartawan, Selasa 13 Juli 2021 kemarin.

Ia menuturkan, gedung baru kantor desa tersebut dibangun dengan panjang 22 meter dan lebar 13 meter dan luas 282 meter persegi bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat agar lebih maksimal dan masyarakat merasa enak dan betah.

“Tujuan kita membangun kantor ini untuk memberikan contoh kepada desa yang lain. Untuk pelayanan publik khususnya masyarakat Batubetumpang merasa enak dan betah melihat kantor desa Batubetumpang sesuai dengan keinginan masyarakat,” ujar dia.

Taufik mengungkapkan, untuk kedepan, pihaknya akan membangun secara terpadu dan Insya Allah kedepannya akan dibangun aula, fasilitas olahraga seperti lapangan futsal dan alun-alun taman desa.

“Insyallah kedepan kalau masih punya waktu kita akan bangun aula, bangun lapangan sarana olahraga dan alun-alun sudah kita bangun. Dan tahap kedua pembangunan alun-alun akan kita bangun di bulan tujuh atau delapan menunggu dana desa cair,” ujar dia.

Sementara untuk gedung kantor desa yang lama, Ia mengatakan akan dialih fungsikan, namun akan dilakukan pembahasan terlebih dahulu bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Batubetumpang.

“Untuk gedung kantor desa yang lama akan kita alih fungsikan, contohnya untuk LPM, Karang Taruna, PKK dan yang lainnya. Menunggu pembahasan bersama BPD,” ujar dia.

Ia menambahkan, untuk penggunaan gedung baru kantor Desa Batubetumpang akan ditempati mulai besok, Kamis 15 Juli 2021. Dan pelayanan kepada masyarakat Insya Allah sudah di kantor baru.

Penulis: Rusdi | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button