NEWS

Cegah Masifnya Penularan Covid-19, Polisi dan Komunitas Masyarakat di Babel Dilatih Lakukan Pelacakan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Dinas Kesehatan memberikan pelatihan pelacakan (Tracer Training) Covid-19 kepada seluruh anggota polri dan komunitas masyarakat seperti Pokdar Kamtibmas, KBP3, Senkom mahasiswa, pramuka Saka Bhayangkara.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat mengatakan pelatihan tersebut sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19 dengan melakukan presure dan mencari orang yang bergaul serta berkomunikasi dengan pasien Covid-19.

“Dengan kita mengetahui itu kita bisa mengerem dan penderita Covid-19 diberikan pemahaman agar dia bisa membatasi diri tidak bergaul seenaknya. Kalau dibiarkan nanti akan berkembang terus seperti akar tanaman yang kemana-mana dan tidak akan pernah selesai,” ujar Anang kepada wartawan di Gedung Tribrata Mapolda Bangka Belitung, Kamis, 29 Juli 2021.

Pelatihan tersebut, kata Anang, bisa membuat petugas lebih mudah melacak, memberikan edukasi untuk membatasi pergaulan dan memberikan pengobatan serta isolasi atau bantuan lai. Semua masyarakat, kata dia, kedepannya bertahao akan diajak supaya bersama-sama menjalankan pelacakan dengan baik.

“Tidak itu saja misinya. Selain melakukan pelacakan, juga beri sosialisasi ke mereka yang punya komunitas untuk menyuarakan tentang pentingnya penanganan Covid-19 secara sinergi karena tidak bisa ditangani sendirian. Menganggap diri sendiri sehat itu berbahaya. Tidak akan pernah tuntas,” ujar dia.

Anang menambahkan pelatihan juga diberikan bagaimana melakukan pelacakan dengan metode sistem aplikasi Silacak sehingga lebih memudahkan menemukan dan memberi laporan terhadap orang yang terpapar Covid-19 atau orang yang melakukan kontak dengan pasien.

Penulis : Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button