NEWS

Bebas dari LPKA Pangkalpinang, Wd Diantar Petugas Sampai ke Rumah

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Setelah mendapatkan Remisi Anak Tahun 2021 dan dinyatakan bebas, kini Wd dikembalikan kepada keluarganya yang beralamat di Desa Jebus Kabupaten Bangka Barat bertepatan dengan Peringatan Hari Anak Nasional 2021 pada Jumat, 23 Juli 2021.

Wd yang merupakan anak yatim piatu tinggal bersama neneknya, dan hari ini menjadi catatan penting dalam perjalanan hidup Wd, karena ia dinyatakan selesai menjalani masa pidana usai menerima Remisi Anak Nasional (RAN) II.

Kepala Subseksi (Kasubsi) Registrasi Guston dan staf berinisiatif memulangkan Wd hingga kedepan rumah neneknya karena tidak ada keluarga yang menjemputnya sehingga tidak membuat Wd bersedih untuk memikirkan bagaimana caranya pulang ke rumah neneknya di Jebus.

“Biasanya anak yang bebas dijemput oleh keluarga, namun ada juga yang terjadi seperti hari ini, di mana anak yang bebas tidak ada keluarga yang menjemput, mungkin disebabkan jarak yang terlalu jauh atau kendala lainnya,” ucap Guston.

Senada dengan hal tersebut, Kasubsi Registrasi Gusron menyampaikan bahwa pemulangan Widi bersama dengan staf ini adalah bentuk pelayanan dan kepedulian terhadap andikpas. Selain mereka adalah anak binaan LPKA, mereka juga adalah generasi penerus.

“Kita ingin apa yang telah diberikan selama di LPKA Kelas II Pangkalpinang tidak hilang sia-sia, oleh sebab itu kita lakukan pemulangan hingga ke rumah keluarga Andikpas agar kami bisa menyampaikan pesan kepada keluarga sehingga anak ini dapat meneruskan semua ilmu dan keterampilan yang telah didapatkan selama mengikuti pembinaan di LPKA Kelas II Pangkalpinang,” ucap Gusron.

Setibanya di Desa Jebus, Gusron menyampaikan akan bertemu juga dengan pemerintah desa setempat agar dapat mendukung keberlanjutan pembinaan terhadap Wd sehingga apa yang telah berjalan selama di LPKA Kelas II Pangkalpinang tidak percuma dan yang terpenting anak tidak mengulangi kesalahan yang sama atau membuat kesalahan yang baru.

“Keberhasilan pembinaan terhadap anak yang berhadapan dengan hukum tidak akan berhasil tanpa ada dukungan dari keluarga, stakeholder dan seluruh komponen masyarakat yang terkait,” tambahnya.

Kepala LPKA kelas II Pangkalpinang Nanang Rukmana mengapresiasi atas apa yang dilakukan jajarannya dalam rangka meningkatkan pelayanan prima hingga pemulangan anak hingga ke alamat anak sehingga dapat memastikan dengan benar bahwa anak kembali ke rumahnya dengan selamat.

“Namun demikian kami LPKA Kelas II Pangkalpinang tetap memberikan pelayanan yang prima kepada anak mulai dari anak masuk hingga keluar dari LPKA, dan kembali ke pangkuan keluarga masing-masing dengan sehat tanpa ada kekurangan suatu apapun,” kata Nanang.

“Selaku pimpinan saya menjamin proses pemulangan anak ini tidak dikenakan biaya apapun, semuanya Gratis, karena LPKA Kelas II Pangkalpinang telah berkomitmen untuk melaksanakan semua layanan tanpa ada pungutan sepeserpun,” tambah Nanang.

Penulis: Louis | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button