NEWS

Ini Kata Anggota Dewan Soal Banjir di Kawasan Pasar Inpres

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Hujan deras yang mengakibatkan meluapnya air di daerah pemukiman masyarakat di area Pasar Inpres Sungailiat, Kamis kemarin disebabkan karena sampah dan ukuran got yang terlalu kecil. 

Hal ini disampaikan oleh Mendra, Anggota DPRD Bangka. Menurutnya sebagai anggota dewan dirinya sudah menindaklanjuti kejadian tersebut, dengan berkoordinasi bersama Satpol PP Bangka untuk turun langsung ke lokasi.

Dari hasil pengamatannya, meluapnya air  terjadi karena banyaknya sampah yang tersumbat, disamping itu ukuran got yang menjadi tempat aliran air terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung air hujan yang deras.

“Saya sudah turun bersama dengan Satpol PP bersama personilnya Adam dan Kasinya pak Rahman sudah melakukan peninjauan, dimana memang ada beberapa titik ini sudah menjadi langganan banjir, terpengaruh dengan kondisi sampah, ada beberapa titik wilayah bekas tambang inkonvensional (TI) seharusnya menjadi daerah resapan, karena sudah ditambang sehingga resapan air tidak maksimal,” jelasnya. 

Berkenaan dengan hal tersebut, ditambahkan Mendra, peran pemerintah daerah harus ditingkatkan.

DPRD, kata dia, sudah koordinasi dengan bupati, sesuai dengan programnya mungkin ada perbaikan masalah got untuk dilakukan pendalaman karena tidak memungkinkan untuk dilakukan pelebaran,serta harus dilakukan pembersihan secara berkala.

“Yang jelas faktor utama terjadinya banjir karena got yang ada terlalu kecil tidak bisa menampung debit air yang deras, ditambah lagi dengan banyaknya sampah yang menyebabkan terhambatnya aliran air,yang menimbulkan meluapnya air di daerah tersebut,”tambahnya. 

“Kami menghimbau kepada masyarakat sekitar jangan membuang sampah sembarangan, ini demi kepentingan bersama, jangan sampai hal ini terjadi lagi,”katanya. 

Penulis : Vera

Lensa Bangka Belitung

Portal Berita Terkini Bangka Belitung

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button