NEWS

Tersedia Sel Khusus Teroris, Polda Babel Bangun Ruang Tahanan Baru Kapasitas 171 Orang

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kepolisian Daerah (Polda) Kepulauan Bangka Belitung resmi memulai pembangunan gedung baru Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) yang dikhususkan untuk ruang tahanan dan penyimpanan barang bukti.

Pembangunan gedung dua lantai tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan yang dilakukan oleh Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat pada Selasa, 8 Juni 2021.

“Acara peletakan batu pertama ini merupakan suatu keberhasilan kita dalam memperhatikan Hak Asasi Manusia (HAM) tahanan Polda yaitu dengan membangun tempat baru bagi tahanan,” ujar Anang.

Anang menuturkan gedung ersebut dibangun dengan luas tanah 1.575 meter persegi dengan ukuran 37 x 42 meter persegi. Sedangkan luas bangunan ruang tahanan, kata dia, adalah seluas 1190 meter persegi dengan ukuran 32 x 22 meter dan menggunakan struktur beton bertulang tipe dua lantai.

“Lantai satu digunakan untuk kantor dan gudang penyimpanan barang bukti termasuk barang bukti kendaraan bermotor. Sedangkan lantai dua uang tahanan terdiri dari 19 kamar dengan kapasitas sebesar 171 orang untuk tahanan laki-laki, perempuan dan anak. Termasuk juga tahanan khusus teroris,” ujar dia.

Anang menambahkan bangunan tersebut akan dilengkapi pengamanan yang ketat dan dilengkapi dengan kamera pengawas CCTV. Selain itu, dengan letak ruang tahanan berada di lantas dua maka lebih terjamin lagi keamanannya.

“Karena di lantai satu terdapat perkantoran dan dari situ juga akan diperketat dengan pengamanan anggota. Untuk tahanan yang ada di Polres maupun Polsek apabila terdapat penumpukan tahanan nanti bisa dititipkan di sini,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button