NEWS

Lebih dari 1000 Guru Matematika Madrasah Ikut Demo Platform Alef Education, Babel 20 Titik

Lensabangkabelitung.com – Lebih dari seribu Guru madrasah seluruh Indonesia mengikuti sosialisasi dan demo platform Alef untuk guru matematika madrasah tsanawiyah kelas 7. Sosialisasi yang digelar oleh KSKK Madrasah Kemenag RI tersebut dilaksanakan melalui webinar zoom pada Selasa siang, 29 Juni 2021.

Alef Education sendiri adalah sebuah platform edukasi yang berbasis teknologi berasal dari UEA (Uni Emirat Arab). Perusahaan yang bermarkas di Abu Dhabi ini bekerjasama dengan pemerintah Indonesia melalui KSKK Madrasah Kemenag RI untuk menyediakan edukasi yang berbasis teknokogi. Materi dan kurikulumnya sudah disesuaikan dengan kurikukum buatan indonesia.

Dr. Ahmad Hidayatullah, Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi KSKK Madrasah dalam laporannya di hadapan Direktur KSKK Madrasah mengatakan, sosialisasi dan demo dari Platform Alef Education sebenarnya sebuah platform pembelajaran untuk banyak mata pelajaran, namun saat ini baru diterapkan ke pelajaran matematika kelas 7 secara gratis selama enam bulan ke depan.

Dijelaskannya, sebelum sosialisasi ini dimulai pihaknya lebih dulu menyeleksi dari 88 orang guru matematika madrasah kelas 7 secara nasional sebagai guru champion dalam dua kali pertemuan dan menjaring 47 orang. Para guru ini nanti akan menjadi mentor guru-guru diwilayah masing-masing mengenai pengoperasian Platform Alef tersebut.

Kepada guru-guru yang ikut sosialisasi, Ahmad menginformasikan, di dalam platform ini disajikan berbagai materi matematika dari tingkat dasar lengkap dengan animasi pembelajarannya. Sehingga diharapkan anak-anak dapat memegang konsep matematika ini dengan baik.

Dia berharap dengan platform Alef Education ini, pembelajaran matematika bisa menyentuh titik tekan sesungguhnya sehingga dapat meningkatkan literasi numerasi anak-anak di madrasah lewat pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan.

Prof Dr Muhammad Isom, Direktur KSKK Madrasah Kemenag melalui aplikasi Zoom mengatakan, dirinya berharap, dari 47 guru yang terpilih menjadi Guru Champion dapat memberikan dan meningkatkan capaian pembelajaran metematika untuk kelas 7 di madrasah tsanawiyah di Indonesia.

Dikatakannya, platform ini sebagai pelengkap dari kurikulum yang telah dibuat oleh Indonesia, yakni kurikulum yang ada di Kemendikbud dan di Kemenag. Dia meminta agar demo platform ini diikuti dengan seksama agar bisa diterapkan ditempat kerja masing-masing.

Sementara itu Kabid Kurikulum Kanwil Kemenag Babel, Nasution ketika dihubungi wartawan Rabu, 30 Juni 2021 mengatakan, dirinya belum bisa memberikan komentar terkait Platform Alef tersebut, pihaknya sudah intruksikan para kepala sekolah untuk mengutus guru agar mengikuti kegiatan tersebut yang terbagi dalam 20 titik baik yang bergabung maupun sendiri-sendiri.

“Nanti kita lihat saja seperti apa tanggan dari guru-guru Madrasah kelas 7 se-Bangka Belitung, karena kita ini hanya pelaksana program pusat,” tutur Nasution di ujung telepon.

Penulis: Abdul Roni | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button