LENSA KRIMINALNEWS

Diam-diam! Dua Terduga Teroris Bangka Belitung Ternyata Sudah Dibawa ke Markas Densus 88 di Jakarta

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri ternyata sudah membawa dua orang terduga teroris yang tertangkap di Pulau Bangka dan Belitung beberapa waktu lalu ke Jakarta. Kedua teroris tersebut dibawa diam-diam tanpa diketahui publik.

Kapolda Bangka Belitung Inspektur Jenderal Anang Syarif Hidayat membenarkan bahwa terduga teroris K alias S warga transmigrasi Dusun Sinar Setiung, Desa Lilangan, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur dan RG warga Kabupaten Bangka sudah berada di Jakarta.

“Keduanya sudah di Jakarta. Sudah dibawa beberapa waktu lalu,” ujar Anang kepada Lensabangkabelitung.com, Senin, 7 Juni 2021.

Dalam proses membawa kedua teroris tersebut, kata Anang, pihaknya hanya membantu mendampingi anggota Densus 88 saja.

“Prosesnya di sana (Densus). Tidak di kita. Dalam perkara ini kita hanya membantu saja mendampingi. Termasuk juga mengembangkan hasil tangkapan ini,” ujar dia.

Sebelumnya Anang mengatakan terduga teroris K sudah masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh tim Densus 88 Anti Teror Mabes Polri disinyalir terlibat dalam beberapa kali aksi terorisme yang terjadi di Jogja dan Jawa Tengah.

“Yang bersangkutan bukan orang Belitung Timur. Namun dari Jawa Tengah yang sejak 2018 berada di sana karena menghindar dari kejaran Densus,” ujar dia.

Sedangkan terduga teroris RG, kata Anang, diduga simpatisan dari ISIS dan pernah bergabung dengan Front Pembela Islam. RG diamankan karena sangat aktif di media sosial untuk menyuarakan bagaimana membuat bom, membagikan tentang kejadian di Timur Tengah dan menghasut orang melakukan kekerasan.

“Tersangka RG dijerat dengan Pasal 13 A Undang-Undang nomor 5 tentang terorisme dengan ancaman hukuman lima tahun penjara,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button