LENSA POLITIKNEWS

Sejarah Pembentukan Provinsi Babel Akan Dibukukan

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman berbincang ringan dengan salah satu mantan Anggota Presidium Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Emron Pangkapi.

Diketahui dalam bincang ringan itu ternyata, Erzaldi segera membentuk tim perumus pembuatan buku tentang Perjuangan Pembentukan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang langsung diceritakan oleh aktornya agar lebih konkret dan terpercaya.

“Masyarakat harus tahu dan tidak boleh melupakan sejarah tokoh-tokoh di Bangka Belitung dalam perjuangannya untuk membentuk Negeri Serumpun Sebalai ini,” kata Erzaldi dalam sambutannya Malam Resepsi Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Ballroom Hotel Swissbell Pangkalpinang, Sabtu, 21 November 2020.

Di kesempatan itu, Erzaldi langsung menunjuk Datuk Emron Pangkapi sebagai Ketua Tim Perumus yang dikuatkan melalui SK Gubernur, Ia merupakan salah seorang mantan Ketua DPRD Babel pertama dan juga pejuang pembentukan provinsi ini.

“Hari kemarin itu catatlah dengan baik. Jangan pernah ada yang menghilangkan sejarah tersebut agar catatan tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi kita sebagai penerus perjuangan itu,” ujarnya.

Salah satu penerbit buku ternama yakni Balai Pustaka dipercayai Erzaldi sebagai penerbit buku itu. Buku perjuangan ini dipandang penting untuk meluruskan cerita simpang siur yang selama ini belum terbukti kebenarannya.

Penulis: Mohammad Rahmadhani | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button