NEWS

Mudik Lokal antar Bangka dengan Belitung Resmi Dilarang, Seluruh Transportasi Disetop

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung resmi menetapkan larangan mudik lokal antara Pulau Bangka ke Belitung dan sebaliknya. Selain mengikuti kebijakan nasional melarang aktivitas mudik, hal itu juga dilakukan dalam upaya mencegah penularan Covid-19 yang semakin meningkat di Bangka dan Belitung.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan larangan mudik lokal antar Pulau Bangka dan Pulau Belitung akan segera dimulai penyekatan agar tidak terjadi mobilisasi massa dari dan ke masing-masing daerah.

“Untuk mudik kita sudah memutuskan antara Bangka dan Belitung tidak ada. Ada penyekatan nanti karena memang sudah tidak boleh. Tidak ada penerbangan reguler atau transportasi penyeberangan. Semua mode angkutan kita setop,” ujar Erzaldi usai Gelar Pasukan Operasi Ketupat Menumbing di Mapolda Bangka Belitung, Rabu, 5 Mei 2021.

Erzaldi menuturkan larangan mudik antar pulau itu merupakan hasil keputusan bersama. Namun dia memastikan mudik lokal antar lima kabupaten di Pulau Bangka dan antar dua kabupaten di Pulau Belitung masih diperkenankan.

“Mudik antar kabupaten itu meski diperkenankan, masyarakat akan tetap diawasi dengan ketat oleh petugas di lapangan,” ujar dia.

Erzaldi menambahkan pihaknya bersama Forkompinda sudah melakukan rapat bersama pencegahan Covid-19 dan menghasilkan keputusan bersama berkaitan dengan mudik dan pelaksanaan lebaran.

“Keputusan itu berkenaan dengan tidak adanya open house bagi pejabat, pengawasan tempat wisata termasuk fasilitas umum yang diawasi secara ketat. Nanti pengunjung dikurangi sebanyak lima puluh persen sebelum dan setelah lebaran. Pengawasan ini tentu kita lakukan bekerja sama dengan TNI-Polri bersama dengan Satgas Covid-19,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button