NEWS

Larangan Mudik, Dir Intelkam Polda Babel Minta Waspadai Pelabuhan Tikus

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Keberadaan pelabuhan kecil tidak resmi atau pelabuhan tikus terutama di Pulau Bangka, akan makin diwaspadai oleh kepolisian. Hal ini untuk mengantisipasi masuknya pemudik lewat jalur laut dari Pulau Sumatera, di tengah larangan pemerintah untuk mudik jelang Idul Fitri ini.

Direktur Intelkam Polda Babel, Komisaris Besar Daniel Viktor Tobing mengatakan sejauh ini pelabuhan tikus yang menjadi titik masuk dari Pulau Sumatera ke Pulau Bangka atau sebaliknya terdapat di tiga kabupaten, yakni di Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Bangka Barat.

Dikatakannya, untuk di Bangka Tengah, pelabuhan tikus terdapat di sepanjang Sungaiselan, juga perlu mewaspadai Kurau. Adapun di Bangka Selatan, pelabuhan tikus terdapat di Sukadamai, Pantai Permis, dan Tukak Sadai. Kalau di Bangka Barat, terdapat di Belo Laut dan sekitarnya.

“Sarana transportasinya mereka biasa gunakan speed lidah, karena cukup efektif dapat menempuh 3 jam ke daratan Sumatera,” ujar Kombes Daniel Viktor Tobing, dalam paparannya di Rakor Lintas Sektoral tentang Kesiapan Pelaksanaan Operasi Ketupat Menumbing, Selasa, 4 Mei 2021 di Gedung Tribrata Polda Babel.

Menjelang Idul Fitri 1442 Hijriyah, pemerintah telah mengeluarkan larangan mudik. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaram virus Covid-19. Secara resmi, larangan ini berlaku mulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

Larangan ini tertuang dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriyah.

Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button