BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMINEWS

Ini Besaran Zakat yang Harus Ditunaikan Masyarakat Bangka Selatan

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Selatan telah menetapkan besaran nilai pembayaran Zakat Fitrah, Zakat Mal, Fidyah dan Zakat Profesi tahun 1442 Hijriyah.

Kepala Kemenag Bangka Selatan, Jamaludin mengatakan pihaknya telah menetapkan besaran nilai pembayaran zakat tersebut sesuai dengan hasil rapat koordinasi bersama MUI, Baznas, Bagian Kesra, Dinas Sosial dan ormas Islam.

“Dari hasil rapat koordinasi ini, kita tuangkan dalam Surat Edaran Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan Nomor 510/Kk.29.05.S.4/BA.03.2/04/2021 tentang Penetapan Nilai Zakat Fitrah, Zakat Mal, Fidyah dan Zakat Profesi,” kata Jamaludin, Sabtu, 1 Mei 2021.

Ia menuturkan, untuk pembayaran sakat fitrah dibayar dengan beras sebanyak 2,5 kilogram dengan kategori beras yang memiliki standar harga Rp 12.000,-. 

“Zakat fitrah dapat juga dibayarkan dengan uang tunai sebesar Rp 30.000,- per jiwa. Dan bagi yang mengkonsumsi beras dengan harga di atas atau di bawah harga standar Rp 12.000,- wajib mengeluarkan zakat fitrah sesuai dengan beras yang dikonsumsi oleh yang bersangkutan,” ujar dia.

Jamaludin mengungkapkan, untuk pembayaran zakat mal, jika untuk emas yang berkadar 24 karat maka nisab atau takarannya telah mencapai 85 gram atau setara dengan 226,95 mata.

“Jika harta atau emas ini telah disimpan selama satu tahun malak nisab atau zakatnya adalah 85 gram dikalikan dengan 226,95 mata dan dikalikan dengan harga per mata emas, dimana di Kabupaten Bangka Selatan harga satu mata emas sebesar Rp 293.000- sehingga totalnya harus dikeluarkan sebesar 2,5%. Jika total nilai emasnya Rp 66.496.350 maka yang harus dibayarkan zakat mal nya adalah senilai Rp 1.662.408,-,” ujar dia.

Sementara itu, untuk zakat uang, Jamaludin menyebutkan, jika telah mencapai nisabnya yakni senilai Rp 66.496.350 maka diwajibkan mengeluarkan zakatnya sebesar 2,5%. Sedangkan untuk pembayaran Fidyah, besaran nilai yang harus dibayarkan yakni sebesar Rp 20.000,- per hari atau dapat pula diganti dengan memberikan makan ataupun minum kepada fakir miskin. 

“Mengenai pembayaran zakat ini sudah dapat dilakukan oleh pembayar zakat kapan saja dan di masjid mana saja karena ada petugas yang akan membantu warga dalam pembayaran zakat sampai dengan Hari Raya Idul Fitri,” ujar dia.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button