BANGKANEWS

Ditantang Gubernur Sempurnakan Teknologi Turbo Jet Perahu Nelayan, Dosen Polman: Siap

Lensabangkabelitung.com, Sungailiat – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menyaksikan ujicoba penerapan teknologi Turbo Jet ke perahu nelayan tradisional di Lingkungan Nelayan 2, Rabu siang, 26 Mei 2021.

Dalam sambutannya di hadapan akademisi Polman Babel dan warga Nelayan 2, Erzaldi mengatakan Polman Babel menjawab tantangannya untuk menciptakan sebuah teknologi yang nantinya akan diterapkan ke perahu-perahu nelayan tradisional. Dikatakan Erzaldi, dengan teknologi TurboJet ini diharapkan bisa mengurangi beban nelayan kecil.

“Karena mereka (Polman Babel -pen) sudah berupaya, maka hari ini saya mau melihatnya,” kata Erzaldi.

Dalam kegiatan tersebut, Erzaldi menekankan para nelayan agar lebih berperan aktif dalam penyempurnaan teknologi ini. Visi gubernur dalam project ini nantinya bahwa jika sudah sempurna dan siap digunakan, teknologi ini akan diproduksi massal dan diserahkan kepada nelayan untuk digunakan.

Gubernur juga minta Polman Babel untuk serius menggarap projek ini. Pertengahan Juni mendatang dia akan datang lagi untuk melihat perkembangannya. Gubernur minta disediakan beberapa perahu dengan mesin berbeda dan kapasitas muatan yang sama untuk melihat perbandingan efisiensi bahan bakar, kecepatan dan daya dorong mesin.

Direktur Polman Babel, I Made Andik Setiawan di sela-sela wawancara mengatakan, sesuai dengan amanat gubernur, pihaknya akan tetap selesaikan sesuai tenggat yang diberikan. “Dari sisi teknologi, sebenarnya ini tinggal memperbesar ukuran propellernya saja, cuma itu saja sebenarnya,” ujar Made.

Dikatakannya, teknologi yang akan terus dikembangkan ini memiliki beberapa keunggulan dibanding mesin-mesin yang sudah ada, karena Turbo Jet ini dipasang di setengah permukaan sehingga efektif untuk perairan dangkal tidak seperti masin-mesin umumnya. Dia menambahkan sesuai arahan gubernur, projek ini akan merambah BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) di sekolah kejuruan (SMK) di Babel.

Diprediksi ke depan projek TurboJet ini akan menyasar SMK se Babel, seperti dalam sambutan Erzaldi, bahwa dengan program BLUD (Badan Layanan Umum Daerah) yang digagas pemprov Februari lalu. Disebutkan bahwa gubernur akan berkoordinasi dengan staf bidang pendidikan provinsi untuk merumuskan kurikulum bagi siswa SMK yang diangkat dari projek TurboJet ini.

Hasdiansah, sang inventor dari karya tersebut mengatakan, dia optimis mampu memenuhi tantangan gubernur, karena mendapat dukungan dukungan penuh dari nelayan, Polman Babel yang juga siap memfasilitasi, serta program BLUD Pemprov Babel.

Penulis: Abdul Roni | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button