NEWS

Terpapar Covid-19, KKP Karantina Kru Kapal Tugboat dan KIP Timah

Lensabangkabelitung.com, Pangkalpinang – Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Pangkalpinang melakukan upaya karantina terhadap kru kapal yang terkonfirmasi positif Covid-19. Langkah tersebut diambil guna mencegah penularan lebih lanjut.

Kepala KKP Pangkalpinang dr Bangun Cahyo Utomo mengatakan kru kapal yang dikarantina tersebut adalah kru kapal tugboat di Pangkalbalam dan satu kapal timah yang beroperasi di wilayah Bangka Barat.

“Yang tugboat di Pangkalbalam dari sembilan orang kru, lima orang terkonfirmasi positif Covid-19 dan sudah kita evakuasi ke RSUP Soekarno,” ujar Bangun saat rapat koordinasi percepatan vaksinasi dan PPKM di Gedung Tribrata Mapolda Bangka Belitung, Jumat, 23 April 2021.

Sedangkan untuk empat kru tugboat, kata Bangun, didapat hasil yang negatif. Namun untuk keempat kru tersebut sudah dilakukan tes PCR ulang dan masih menunggu hasilnya hari ini.

“Untuk kapal timah yang di Bangka Barat sekarang kita sedang melakukan penyelidikan epidemiologi diatas alat angkut dengan tim kita dan teman-teman PT Timah,” ujar dia.

Bangun menambahkan, terkait pembatasan pihaknya sudah diperintahkan oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) untuk mengawasi kedatangan orang dari India ke Bangka Belitung.

“Kita awasi juga jika ada kapal dalam waktu 14 hari pernah transit di India. Itu kita melakukan pembatasan dan akan kita lakukan karantina di alat angkutnya,” ujar dia.

Penulis: Servio M | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button