BANGKA BARATLENSA KRIMINALNEWS

Sebulan Kabur, Dua Napi Rutan Muntok Tertangkap di Rumah Kerabat Masing-masing

Lensabangkabelitung.com, Muntok – Masih ingat dengan Kojek dan Jakai? Dua narapidana yang kabur dari Rutan Muntok bulan Maret lalu, telah ditangkap.

Total sudah selama tiga puluh hari atau satu bulan, duet Kojek dan Jakai sempat menikmati suasana luar penjara di masa pelariannya. Dua DPO ini akhirnya ditangkap oleh Tim Laba-laba Unit Reskrim Polsek Jebus di rumah kerabat masing-masing pada Kamis, 29 April 2021 kemarin. Kojek menjadi DPO pertama yang berhasil ditangkap di Kecamatan Parittiga pada pukul 02.00 dini hari lalu Jakai pada pukul 14.30 di Kecamatan Puding Kabupaten Bangka.

Kapolres Bangka Barat AKBP Fedriansah mengatakan, sebelum berpisah dan meminta bantuan untuk menginap di rumah kerabat masing-masing, dua napi yang kabur tersebut sempat berpindah-pindah tempat persembunyian seperti di kebun-kebun dan pondok.

“Ya awalnya mereka bareng-bareng, kemudian yang satu merasa punya keluarga masing-masing, lalu pisah,” kata AKBP Fedriansah, Jumat, 30 April 2021.

Lalu, AKBP Fedriansah menjelaskan bahwa selama kabur dua orang napi ini tidak pernah melakukan tindakan yang mengganggu Kamtibmas sebab takut ketahuan dan memilih untuk bersembunyi.

Selama kabur, Kojek dan Jakai mendapatkan makan dan minum dari kerabat masing-masing yang menjadi tempat persembunyian mereka. Saat ini, AKBP Fedriansah mengaku masih mendalami terkait apa penyebab pihak kerabat Kojek dan Jakai tidak mau bekerjasama baik dengan kepolisian untuk melaporkan keberadaan dua orang napi tersebut.

Setelah tertangkap, keduanya dipastikan akan dipindahkan dari Rutan Muntok.

“Dipisahkan, satu dikirim ke Lapas Sustik dan satu lagi ke Lapas Tuatunu,” ujar AKBP Fedriansyah.

Penulis: Sepri | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button