BANGKA BARATLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KESEHATANLENSA NASIONALNEWS

Pulihkan Lingkungan, Personel Ditpolairud Tanam Mangrove di Muntok

Lensabangkabelitung.com, Bangka Barat– Personel Kapal Patroli KP-2001 Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Bangka Belitung mengikuti kegiatan penanaman pohon mangrove dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan.

Kegiatan penanaman mangrove tersebut digelar di Pantai Mentok Asin Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat, Jumat Sore, 9 April 2021, yang dihadiri oleh berbagai kalangan peduli lingkungan.

Direktur Ditpolairud Polda Bangka Belitung Komisaris Besar Muhammad Zainul mengatakan keikutsertaan pihaknya dalam kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian Ditpolairud terhadap lingkungan.

“Kita ingin berperan dalam mengembalikan fungsi manggrove sebagai pencegah erosi laut atau abrasi sekaligus memulihkan kelestarian lingkungan,” ujar Zainul kepada wartawan, Jumat, 9 April 2021.

Menurut Zainul, penanaman mangrove di bibir pantai tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat terhadap lingkungan pantai dan bisa menjaga keberlangsungan hidup biota laut.

“Mangrove mempunyai banyak manfaat diantaranya mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi, sebagai pencegah dan penyaring alami limbah yang masuk ke darat, tempat hidup dan sumber makanan berbagai jenis satwa dan berperan dalam menstabilkan daerah pesisir,” ujar dia.

Zainul menambahkan pihaknya mengharapkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian mangrove dapat tumbuh karena memiliki banyak manfaat.

“Kita juga berharap melalui kegiatan ini mampu menginspirasi masyarakat lain untuk sadar akan betapa pentingnya menjaga lingkungan, terutama ekosistem hutan mangrove,” ujar dia.

Penulis : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button