BELITUNG TIMURNEWS

Polres dan Pemkab Belitung Timur Dapat Penghargaan dari KPAI, Ini Sebabnya

Lensabangkabelitung.com, Belitung Timur – Ketua Umum Komisi Perlindungan Anak (KPAI) Arist Merdeka Sirait memberikan apresiasi dalam bentuk piagam penghargaan kepada Pemkab Beltim, serta aparat penegak hukum dan pegiat perlindungan anak di Beltim atas dedikasi dan kepeduliannya terhadap hak anak di Indonesia.

“Kami memberi penghargaan kepada Pemkab Beltim, Polres Beltim, Kejaksaan dalam memberi pelayanan yang terbaik dan perlindungan bagi anak di Beltim,” kata Arist Merdeka Sirait, di Gedung Auditorium Zahari Mz, Kamis 1 April 2021.

Menurutnya sangat penting dalam membangun kemitraan strategis dengan pemda, penegakan hukum dan pegiat perlindungan anak karena situasi saat ini kekerasan anak sangat memprihatinkan dan membutuhkan komitmen bersama untuk mengatasinya.

“Situasi sekarang ini sangat memprihatinkan, di mana 52 persen kasus dari berbagai pelanggaran anak di Indonesia didominasi kasus kejahatan seksual yang dilakukan oleh orang terdekat, apalagi di masa pandemi Covid-19 kasus kekerasan tidak terhindarkan,” jelas Sirait.

Lebih lanjut dia mengatakam orangtua yang menghabiskan terlalu banyak waktu dengan gadget juga memberi dampak negatif bagi anak.

“Ketahanan keluarga sekarang menurun karena dihadapkan pada teknologi. Orangtua sibuk dengan gadget dan pekerjaanya, dampaknya anak-anak juga mengalami gangguan kesehatan mental akibat dari gadget,” jelas Merdeka Sirait.

Untuk itu, pihaknya memerlukan kerjasama khususnya pemda, polres dan aparat penegak hukum serta komitmen orangtua, guru, masyarakat untuk menjaga ketahanan keluarga dan sistem perlindungan anak yang baik.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resor Belitung Ajun Komisaris Deddy Nuari menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima merupakan motivasi untuk lebih meningkatkan perlindungan hak-hak anak dan perempuan.

“Penghargaan ini untuk kita semua. Kami mengharapkan partisipasi masyarakat, orang tua dan keluarga dalam mendukung tugas kepolisian dalam melindungi perempuan dan anak,” ujar AKP Deddy.

Penulis: Rizky Sadewa | Editor: Donny Fahrum

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button