BANGKA SELATANLENSA DAERAHLENSA EKONOMILENSA KRIMINALNEWS

Polres Basel Amankan 54 Ponton Tambang Laut Ilegal Selama 2021

Lensabangkabelitung.com, Toboali– Sebanyak 54 ponton tambang laut yang beroperasi secara ilegal di Perairan Laut Suka Damai Toboali Kabupaten Bangka Selatan diamankan polisi.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Agus Siswanto mengatakan, selain melakukan pengamanan terhadap aktivitas penambangan, pihaknya juga melakukan penegakan hukum dengan melakukan penertiban terhadap aktivitas penambangan yang beroperasi secara ilegal.

“Dari bulan Januari sampai dengan saat ini kita sudah mengamankan atau menarik 54 ponton tambang laut yang beroperasi secara ilegal. 54 ponton yang ditarik ini terdiri dari 31 ponton jenis selam, 14 ponton PIP, dan 9 ponton TI Tungau,” kata Agus kepada wartawan, Rabu, 7 April 2021.

Ia menuturkan, selain mengamankan barang bukti ponton, pihaknya juga melakukan proses hukum terhadap pemilik dan penambang yang melakukan aktivitas penambangan secara ilegal.

“Saat ini barang bukti diamankan di bibir pantai laut Nek Aji Toboali dan akan dimusnahkan. Namun sebelum dimusnahkan akan dicek terlebih dahulu surat-suratnya,” ujar dia.

Agus menghimbau kepada para penambang untuk tidak melakukan aktivitas penambangan secara ilegal, karena akan merusakkan dan membahayakan para penambang itu sendiri, apalagi aktivitas ini dilakukan pada malam hari.

“Kalau yang sudah berizin ini kita minta untuk mematuhi aturan yang sudah disepakati. Jangan sampai melanggar, bagi yang melanggar akan dicabut SPKnya oleh PT Timah. Dan sudah ada beberapa CV yang dicabut,” ujar dia.

Ia menambahkan, pihaknya terus memantau aktivitas penambangan dengan melakukan patroli pengecekan baik itu operasional maupun pengamanan biji timahnya.

Penulis : Rusdi | Editor : Servio M

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button